Technologue.id, Jakarta – Pengguna smartphone Android dan iPhone dewasa ini tak sedikit yang ‘berkubu-kubu’. Ada yang menganggap Android lebih baik, tapi sebagian lagi merasa iOS yang paling sempurna. Terlepas dari produk mana yang terunggul, yang jelas masyarakat telah terbelah.

Situs pencarian jodoh Match.com telah membuktikan anggapan tersebut lewat risetnya. Dari 5.500 responden berusia 18 tahun ke atas, terungkap bahwa di antara mereka yang memiliki iPhone lebih diskriminatif dalam hal teknologi.

Pemakai produk Apple cenderung lebih gamblang dalam mengekspresikan selera gadget-nya dan memandang rendah terhadap calon pasangannya yang juga pengguna Android. Melansir CNET (11/02/17), hal sebaliknya justru berlaku bagi fan Android yang lebih terbuka terhadap user iPhone sebagai partner potensialnya.

Fenomena ini seperti menguatkan bahwa ada kelompok masyarakat yang masih menilai smartphone orang lain seperti kendaraan apa yang dikendarai atau baju merek apa yang dikenakan. Namun tentu saja, karena riset ini hanya dilakukan dalam skala yang sangat terbatas, maka tidak bisa dijadikan generalisasi.

Selain temuan tentang prasangka terhadap pengguna gadget tertentu, Match.com turut mengungkap bahwa 86 persen wanita bakal memberikan nilai negatif pada pria yang layar ponselnya pecah. Penliaian yang sama bukan tidak mungkin juga berlaku untuk user yang sengaja memasang screensaver atau wallpaper dengan tema cracked screen.

Survei ini tak turut menyebut perangkat bersistem operasi lain, misalnya Windows Phone atau BlackBerry. Wajar, sebab mayoritas pemakai ponsel pintar saat ini adalah pengguna Android dan iOS.

 

Baca juga:

Coba Tebak, Snapchat Lebih Populer di Pengguna Android atau iOS?

Jadi Presiden AS, Donald Trump ‘Buang’ Ponsel Android-nya

Ini Daftar Perangkat Samsung yang Kebagian Android Nougat Pertengahan 2017