Hati-hati, Update Android 7.1.2 Bisa Rusak Pemindai Jari!

Sensor sidik jari (source: androidauthority)

Technologue.id, Jakarta – Pembaharuan sistem operasi Android versi 7.1.2 akhirnya meluncur beberapa waktu lalu, akan tetapi nampaknya Google sedikit melakukan kesalahan kali ini. Berdasarkan laporan yang kami rain dari Android Police (16/4/2017), beberapa pengguna Google Pixel dan Nexus mengeluhkan hilangnya fitur pemindai jari di perangkat mereka setelah update dilakukan.

Para pengguna itupun sempat mencoba untuk menghapus rekaman sidik jari mereka dan hendak membuat yang baru, namun sayangnya mereka tak dapat menemukan kolom pengaturan sidik jari pada laman setting perangkatnya. Selain pemindai jari, fitur lainnya bekerja dengan cukup baik, seperti notification shade dan indikator hardware.

Jika dilihat dari cerita orang-orang yang merasakan hal tersebut, mereka menyadari kemampuan pemindai jari perangkatnya menghilang sejak melakukan update Android 7.1.2 OTA (Over The Air). Rupanya masalah ini tidak hanya dirasakan oleh end user, namun juga dirasakan oleh para pengembang serta programmer yang ahli di permasalahan tersebut.

Screenshot error pada fingerprint sensor Nexus (source: AndroidAuthority)

Dari hasil penelusuran kami, permasalahan muncul pada sensor Imprint yang tak lagi bekerja sebagaimana mestinya. Padahal, sensor tersebut adalah kunci keberhasilan dari fitur pemindai jari kebanyakan perangkat saat ini. Jika sensor Imprint tidak bekerja, maka sangat mustahil pemindaian jari pengguna dapat dilakukan.

Adapun beberapa perangkat yang dilaporkan mengalami hal tersebut setelah melakukan update Android 7.1.2 adalah Google Pixel, Google Pixel XL, LG Nexus 5x dan Huawei Nexus 6P. Dengan insiden ini, banyak ahli yang menyarankan untuk tidak melakukan update terlebih dahulu, hingga Google memberikan pernyataan resminya.

Beberapa penghuni forum komunitas Google Pixel dan Nexus bahkan menyarankan para pengguna untuk tetap bertahan di Android versi 7.1.1, sampai Google meluncurkan update Android versi 7.1.3.

 

Baca juga:

Google Mulai Distribusikan Android Nougat 7.1.2

Ini Bukti Apple Tetap Tangguh di Tengah Gempuran Android dan Windows

Resmi, Populasi Netizen Pengguna Android Kalahkan Windows