Hati-Hati, WhatsApp Versi Web Rentan Diretas

Technologue.id, Jakarta – Menggunakan WhatsApp versi web mungkin lebih praktis dan mudah jika sedang di depan komputer, terlebih ketika berada di kantor. Namun siapa sangka, hal tersebut ternyata bisa membawa malapetaka bagi penggunanya.

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keamanan siber, Check Point baru-baru ini melakukan sebuah eksperimen dengan cara mengirim sebuah gambar ke sebuah akun WhatsApp orang lain melalui WhatsApp versi web. Hasilnya, cukup mencengangkan.

Melalui video yang berdurasi 1 menit 1 detik, Check Point menunjukkan bahwa akun orang lain bisa dengan mudah diambil alih begitu saja hanya dengan hitungan detik.

Setelah si korban membuka gambar yang dikirimkan, peretas bisa mengakses seluruh akun WhatsApp korban. Mulai dari percakapan, foto, video, kontak, dan lain-lain. Menurut Check Point, hal tersebut dimungkinkan justru karena WhatsApp menggunakan sistem enkripsi end-to-end.

“Penyerang bisa saja mendownload foto yang dikirimkan lalu mempostingnya melalui secara online. Dengan begitu, akan muncul sebuah pesan khusus, lalu akun korban akan bisa dikontrol dengan begitu cepat”, sebuah pernyataan Check Point yang dikutip dari NextPowerUp (16/03/17).

Tak cuma WhatsApp yang punya masalah serupa. Celah keamanan yang sama juga ditemukan pada aplikasi perpesanan lainnya, Telegram.

 

Baca juga:

Tak Mau Kalah dengan WhatsApp, Google Allo Bisa Diakses Via Desktop!

Bosan dengan Tampilan WhatsApp yang Itu-Itu Saja? Pindah ke Telegram!

Wow, Fitur Snapchat Kini ‘Pindah’ ke WhatsApp!