Heboh Pengadaan Laptop Merah Putih, Netizen: Anggaran Kemahalan!!!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Rencana pengadaan Laptop Merah Putih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk para pelajar bikin heboh jagat maya. Netizen menilai, laptop terlalu mahal untuk spesifikasi yang diusung.


Untuk diketahui, Kemendikbud Ristek menganggarkan Rp 10 juta untuk satu unit laptop Merah Putih dengan spesifikasi hard drive laptop yang akan diberikan sebesar 32 GB. Laptop disebut memiliki spesifikasi Chromebook, yang bahkan harganya saja tak sampai Rp 10 juta.

Baca Juga:

5 Laptop Rp3 Jutaan untuk Belajar Online


Laptop Merah Putih sendiri nantinya akan menjadi produk karya anak bangsa. Produksi akan dilakukan oleh konsorsium perguruan tinggi yang terdiri dari Institut Teknologi Bandung bersama Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Indonesia.


Adapun standar minimal spesifikasi laptop berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021 adalah memori terpasang 4 GB DDR4, hard drive 32 GB, operating system Chrome OS, prosesor Core 2 – di atas 1,1 GHz, dan monitor 11 inci LED. Laptop juga harus memiliki masa garansi satu tahun.


Laptop Merah Putih pun menjadi topik yang hangat diperbincangkan.l, netizen Twitter menggunakan kata “32 GB” untuk membahasnya. Cuitan “32 GB” bahkan sempat bertengger di jajaran trending topik, kata kunci tersebut sudah dicuitkan sebanyak ribuan kali.

Baca Juga:

Top Rekomendasi Laptop Gaming 5 Jutaan di Tahun 2021

- Advertisement -

Latest News

Related Stories