Technologue.id, Jakarta – Mencari pasangan hidup hakikatnya tak cuma dilakukan oleh manusia; hewan sebagai makhluk hidup lain yang berdampingan dengan manusia di planet ini pun melakukannya. Tujuannya yang paling sederhana tentu adalah untuk mempertahankan eksistensi atau menghindari kepunahan.

Namun kadang kala, binatang pun tak bisa kawin, entah itu karena gangguan internal maupun eksternal. Tentu saja hal ini amat berbahaya jika dibiarkan, terlebih jika yang mengalaminya adalah hewan langka yang kelangsungan hidup spesiesnya di ujung tanduk seperti panda, lemur, gorila, atau harimau.

Baca juga:

Para Remaja Mulai Tinggalkan Platform-platform Facebook, Google Bagaimana?

Untuk mengatasi hal ini, para stakeholder terkait pun merancang sebuah database global berisi profil hewan langka siap kawin. Sekilas, database ini mirip dengan layanan online dating seperti Tinder dan OkCupid, tetapi dikhususkan untuk hewan saja.

Baca juga:

Tingkatkan Minat Membaca, Opera Sajikan Puluhan Ribu e-Book Gratis

Melansir BusinessInsider.com (26/02/2018), database yang dinamai Zoological Information Management System tersebut berisi lebih dari 1.000 catatan pengamatan dan penelitian terhadap hewan. Isinya sendiri terdiri dari 22 ribu spesies. Harapannya, tentu bisa membantu orang-orang seperti pawang di kebun binatang dari pelbagai belahan dunia untuk menjodohkan hewan yang ditanganinya agar dapat segera memulai proses kawin.

Baca juga:

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Lakukan WA Call Tanpa Buka WhatsApp

Sistem ini berisi asal negara hewan tersebut, latar belakang induknya, dan jenis makanan yang disukainya. Lagi-lagi, serupa sekali dengan profil akun kencan online. Bahkan, Zoological Information Management System juga mengandung informasi sensitif seperti catatan medis hewan tersebut.

Menarik sekali, ya?