Technologue.id, Jakarta – Teknologi kamera terus berkembang untuk memenuhi segala kebutuhan manusia. Di kelas konsumen kamera sudah diaplikasikan pada berbagai perangkat mulai dari kamera fotografi, ponsel, action camera maupun smartphone. Ternyata di kalangan industri, teknologi kamera juga dikembangkan bahkan sudah memiliki kemampuan yang layak dilabeli kamera pintar.

Hikvision memamerkan rangkaian kelas industri besutannya di ajang Indonesia Infrastructure Week 2017 yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Kehadiran vendor penyedia layanan solusi keamanan dan pengawasan ini direfleksikan dengan teknologi terkini dalam solusi keamanan dan pengawasan.

Baca juga : Diklaim Pintar, CCTV Hikvision Bisa Analisa dan Anti Meledak

Salah satu produk yang dipamerkan Hikvision diklaim telah dilengkapi teknologi artificial intelligence (AI). Teknologi pintar ini membuatnya punya kemampuan mengenali wajah secara akurat untuk melakukan tugas pemantauan dan akan mengirim notifikasi bila menangkap wajah yang tak diinginkan.

“Kamera ini mampu menganalisa wajah dalam waktu singkat, dari database sebesar 300 ribu wajah hanya perlu waktu 3 detik untuk menemukan foto yang cocok hingga pihak berwenang bisa bertindak cepat. Jumlah data yang tersimpan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna,” jelas Michael Chan, Sales Manager Hikvision Indonesia.

Baca juga : Ezviz Tantang GoPro di Pasar Kamera Indonesia

Kamera lain yang disediakan Hikvision memiliki kemampuan mengenali plat kendaraan dengan fitur License Plate Recognition. Produk ini disebutkan Michael bisa diterapkan pada manajemen parkir maupun pemantauan kendaraan di jalan besar.

“Penggunaan kamera ini bisa juga untuk program tilang elektronik seperti yang ingin diterapkan oleh pemerintah. Sebelumnya produk kami ini sudah digunakan di Surabaya untuk membantu ujicoba penerapan aturan e-tilang,” imbuh Michael saat ditemui Technologue.id.

Baca juga : Ezviz Tantang GoPro di Pasar Kamera Indonesia

Setiap tempat umum, seperti hotel, gedung perkantoran melakukan pemeriksaan kendaraan, baik di bagian bawah kendaraan. Dengan solusi pemindai dari Hikvision, dapat menangkap gambar dari bawah kendaraan. “Solusi ini sangatlah membantu untuk pemeriksaan lebih cepat dan akurat tanpa menyebabkan antrian panjang kendaraan,” ujar Michael Chan, Sales Manager Hikvision Indonesia

Selain tiga solusi di atas Hikvision juga memamerkan Solusi Panovu Multi Lens Camera, DarkFighterX, Smart Analytic Camera, Central Monitoring & Central Storage System, Access Control dan juga Video Intercom yang menjadi pilihan bagi sebuah proyek pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan keamananan dan pengawasan ruang maupun lingkungan.