Technologue.id, Jakarta – Sejak awal hingga akhir tahun 2019, pangsa pasar perangkat wearable tidak banyak berubah. Sejauh ini, Apple masih menguasainya dengan berbagai diversifikasi produk miliknya. Dan baru-baru ini, hal itu diperkuat oleh rilisnya data dari IDC.

Mengutip dari GizChina (11/03/20), IDC dilaporkan sudah merilis data pangsa pasar perangkat wearable untuk kuartal keempat tahun 2019. Dari data itu, Apple masih memimpin dengan penjualan 43.4 juta unit pada periode tersebut.

Lembaga riset tersebut mencatat bahwa Apple berhasil mempertahankan posisinya lantaran jajaran produk barunya, seperti AirPods, AirPods Pro, dan Apple Watch bisa diterima pasar dengan baik dengan harga yang masuk akal.

Data IDC (Sumber: GizmoChina.com)
Data IDC (Sumber: GizmoChina.com)

Sementara pada posisi kedua, Xiaomi mencatatkan angka penjualan 12,8 juta unit wearable pada kuartal keempat 2019. Dari angka tersebut, 73,3 persen diantara merupakan wristband.

Setelah Xiaomi, diposisi ketiga ada Samsung. Penjualan wearable Samsung didominasi oleh smartwatch seperti Galaxy Active dan Galaxy Active 2. Selain itu, ada juga sejumlah merk lain yang sebenarnya diproduksi oleh Samsung, seperti JBL dan Infinity.