Technologue.id, Jakarta – Instagram berencana melenyapkan hitungan ‘Like’ yang biasanya terpampang di bawah setiap postingan foto.

Anak perusahaan Facebook itu sedang menguji konsep desain atau prototipe untuk menyembunyikan jumlah Like dari postingan pengguna.

Baca Juga:
Instagram Luncurkan Stiker Spesial Pesta Demokrasi Indonesia

Persiapan update tersebut pertama kali diutarakan oleh peneliti media sosial, Jane Wong. Ia melihat adanya perubahan source code Instagram untuk perangkat Android.

- Advertisement -

Dari unggahan screenshot yang beredar di dunia maya, terlihat ada perbedaan desain saat ini dengan percobaan desain baru yang menyembunyikan jumlah Like pada posting untuk dilihat orang lain. Namun jumlah Like masih bisa dilihat oleh pemilik akun sendiri.

Dengan menghilangkan hitungan Like dari posting, Instagram ingin “Follower Anda fokus dalam melihat apa yang Anda bagikan, bukan berapa banyak Like yang diperoleh posting Anda.”

Baca Juga:
Fitur Ini Bantu Kurangi Kecanduan Main Instagram

Saat dikonfirmasi perihal fitur ini, seorang juru bicara Instagram mengatakan bahwa perusahaan tidak buru-buru menguji perubahan ini sekarang, tetapi akan selalu “mencari cara untuk mengurangi tekanan” pada penggunanya.

Pasalnya bila Instagram menghilangkan jumlah Like di postingan pengguna, tentu akan mengundang protes dari kalangan influencer yang menghasilkan uang dari platform ini berdasarkan seberapa banyak yang Like postingan mereka dan jumlah pengikut yang mereka miliki.