Home Blog

Tips Agar Charger Smartphone Tidak Cepat Rusak

Technologue.id, Jakarta – Pasti pernah kan mendapati charger smartphone kalian rusak. Lebih ngeselin lagi kalau itu terjadi berulang kali. Habis beli, gak lama rusak lagi, beli lagi, rusak lagi. Ngeselin!


Nah itu sebenarnya bukan semata-mata karena kalian beli charger yang murahan loh, tapi juga karena cara perawatannya yang kurang maksimal dan penggunaannya yang salah.

Baca Juga:

Cara Pakai Dua Akun WA di Satu HP


Sebagai barang elektronik, charger smartphone tentu butuh perlakuan khusus dan juga perhatian yang lebih. Berikut tips sederhana agar charger smarphone kalian tidak cepat rusak:


Gulung kabel dengan rapi
Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah saat menggulung kabel. Pastikan gulungan melingkar secara rapi tanpa adanya tekukan tajam. Ini akan menghindari bagian dalam kabel dari kerusakan.


Hindari penggunaan smartphone saat dicharge
Penggunaan smartphone saat dicharge nyatanya bisa merusak charger kalian loh. Kenapa? Karena secara tak sadar kalian bakal menarik kabel charger kalian, yang lama kelamaan tentu bisa membuat kabel charger putus. Jadi sebelum digunakan, sebaiknya tunggu baterai terisi dahulu.

Baca Juga:

Cara Download Kartu Sertifikat Vaksin Covid-19


Lepaskan charger dari stop kontak
Saat sudah selesai digunakan, pastikan charger tidak terhubung lagi dengan stop kontak. Karena jika dibiarkan, charger akan terus menerus dialiri listrik dan mengalami kelebihan muatan hingga membuatnya rusak bahkan terbakar.


Simpan charger di tempat aman
Saat kalian tidak lagi menggunakan charger, biasakan untuk menyimpan di tempat yang aman. Salah satunya bisa dengan memasukkannya ke dalam laci. Ini akan menghindari charger dari kerusakan seperti dari gigitan tikus dan lainnya

Cara Download Kartu Sertifikat Vaksin Covid-19

Technologue.id, Jakarta – Bagi masyarakat yang telah menjalani vaksinasi, mereka berhak mendapat sertifikat vaksin COVID-19. Sertifikat vaksin COVID-19 secara umum bisa diterima dalam bentuk fisik atau lewat aplikasi dan situs PeduliLindungi.

Setelah vaksin, peserta juga akan mendapatkan SMS dari 1199. Untuk mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19, peserta bisa membuka laman situs PeduliLindungi yang tercantum di SMS 1199.

Bagi mereka yang sudah memiliki akun PeduliLindungi, cara mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 cukup dengan membuka profil, dan klik feature sertifikat vaksin.

Baca Juga:
Google Siapkan Fitur Sertifikat Vaksin Covid-19

Dalam feature tersebut, tertera sertifikat vaksin Corona dosis pertama hingga dosis kedua yang siap diunduh unttuk kemudian masuk ke galeri/image pengguna.

Berikut cara dapat sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi bagi yang belum terdaftar.

  • Membuka aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store
  • Mengisi identitas diri berupa nama lengkap dan memasukkan nomor handphone
  • Mengisi kode OTP untuk verifikasi data, kode OTP dikirimkan ke nomor HP yang dicantumkan
  • Pengguna akun diarahkan ke kolom Beranda
  • Melengkapi identitas diri dengan menyertakan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
  • Cek feature sertifikat vaksin
  • Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
  • Unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama/kedua
  • Sertifikat vaksin COVID-19 online masuk ke dalam gallery/image masing-masing pengguna.

Google Siapkan Fitur Sertifikat Vaksin Covid-19

Technologue.id, Jakarta – Fitur baru akan kembali dihadirkan Google. Kali ini adalah fitur yang memungkinkan penggunanya menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 di smartphone.

Sertifikat vaksin yang didapat dari aplikasi penyedia layanan kesehatan, SMS, atau dari email dapat dengan mudah disimpan. Masyarakat hanya perlu membuat shortcut sertifikat vaksin di home screen untuk memudahkan ketika diperlukan.

Baca Juga:

Google Siapkan Smartphone Layar Lipat?


Dilansir dari The Verge, Jumat (2/7/2021), fitur ini diperuntukan bagi para pengguna perangkat Android. Untuk tahap awal ini fitur akan tersedia untuk pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat.

Google menyebut fitur ini akan memudahkan masyarakat ketika bepergian. Sertifikat vaksin secara praktis tersimpan diperangkat, ketika diperlukan, hanya tinggal menunjukan saja lewat perangkat.

Baca Juga:

Google Kenalkan “About this Result”, Fitur Anti Hoax


Selain sertifikat vaksin, fitur ini pun dapat menyimpan berbagai informasi tambahan lain. Sistem dapat menunjukkan kapan penggunanya mendapat vaksin dan jenis vaksin yang didapat.

Google menegaskan sertifikat vaksin Covid-19 yang disimpan pengguna tak akan ditransfer ke cloud dan tak akan digunakan untuk keperluan iklan. Belum diketahui apakah fitur penyimpan sertifikat vaksin ini akan dihadirkan pula untuk pengguna global.

Rekomendasi 5 HP Terbaik Di Awal Tahun 2021

Technologue.id, JakartaTak dapat dipungkiri, smartphone kini telah menjadi penunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Terlihat dari banyaknya smartphone yang hadir dipasaran Indonesia, tentunya membuat setiap orang harus dapat menentukan smartphone mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetnya.

Maka dari itu, agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan aktivitas setiap orang, kali ini Technologue akan merekomendasikan beberapa merk handphone, lengkap dengan sedikit ulasan mengenai spesifikasi dan harganya.

Baca Juga:
Rekomendasi Smartphone Harga Rp5 Jutaan Terbaik 2020

Berikut, 5 rekomendasi hp terbaik di tahun 2021. Jangan lupa untuk cermati spesifikasi juga harganya ya.

1. Infinix Hot 10 Play

Dibanderol harga 1 jutaan, smartphone ini merupakan rekomendasi hp 2021. Kelebihannya terletak pada kapasitas baterainya yang sangat awet. Dengan kapasitas super 600 mAh, smartphone ini mampu stand by hingga 55,7 hari. Dimana penggunaan sehari-harinya yaitu 13,8 jam bermain game, atau 155 jam mendengarkan musik.

Selain itu Infinix hot 10 play ini juga dilengkapi dimensi layar yang cukup besar, yaitu 6,82 inch. Sangat cocok untuk yang hobi menonton film ataupun seorang gamer. Tak ketinggalan pula chip mediatek helio G25 dan sensor wajah, serta sidik jari yang responsif.

2. Xiaomi Poco M3

Xiaomi seri ini hadir dengan harga 2 jutaan dan termasuk rekomendasi hp terbaik 2021. Dianggap sebagai pembantai hp entry-level, Xiaomi Poco M3 memiliki performa dan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Ditunjang dengan tenaga snapdragon, triple camera 48 MP dengan resolusi FHD+ serta fitur fast charging, menjadikan ponsel ini berkualitas tinggi yang aman bagi mata, dan cocok bagi segala profesi dan usia.

3. Oppo Reno 5

Smartphone ini sangat direkomendasikan bagi  pecinta fotografi atau yang banyak beraktivitas yang berhubungan dengan live streaming. Sebab, hp ini dilengkapi fitur All Mixed Portrait yang menghasilkan video portrait dengan latar belakang artistik. Selain itu, dilengkapi pula dengan  dual video yang memungkinkan untuk merekam video dengan kamera utama 64MP dan kamera depan 44MP secara bersamaan.

Baca Juga:
Rekomendasi 5 Smartphone Kamera 2020

4. ASUS ROG Phone 3

Cocok untuk memfasilitasi para gamers, ASUS ROG Phone 3 menjadi salah satu hp terbaru 2021.  Dibandrol dengan harga 9 jutaan, hp ini dilengkapi Snapdragon 865+ yang mampu meningkatkan kemampuan CPU hingga 3,1 GHz. Spesifikasinya merupakan yang terbaik, sehingga tak heran hp ini masuk ke deretan rekomendasi hp terbaik tahun 2021.

5. Apple iPhone 12 Pro

Kaum millenial kekinian, pasti tak akan menolak salah satu produk raksasa teknologi Amerika ini. Dibanderol dengan harga 20 jutaan, iPhone 12 pro dilengkapi chipset Apple A14 Bionic yang membuatnya 50% lebih cepat dari smartphone saat ini. Bahkan hp ini telah disupport jaringan 5G.

Dapatkan rekomendasi hp terbaik pilihan Anda dengan berbagai promo dari Shopee. Promo Shopee 4.4 Mega Shopping Day menawarkan diskon hingga 99%, free ongkir untuk pembelian COD dan jangan lewatkan juga serba seribu. Jangan sampai kehabisan, karena promo ini hanya berlaku dari tanggal 8 Maret-4 April 2021.

Melalui rekomendasi hp terbaik tahun 2021 ini, jangan sampai ketinggalan berbagai Promo Shopee 4.4 Mega Shopping Day, yang menawarkan diskon hingga 99%, free ongkir untuk pembelian COD. Jangan lewatkan juga promo diskon serba seribu yang berlaku dari tanggal 8 Maret-4 April 2021.

Axioo, Zyrex, Advan, Evercoss Ramai-ramai Garap Laptop Lokal Pesanan Pemerintah

Technologue.id, Jakarta – Pemerintah akan memenuhi kebutuhan pengadaan laptop tahun ini dari kalangan produsen di dalam negeri. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 17,42 triliun untuk belanja pengadaan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hingga tahun 2024.

Tercatat, ada enam perusahaan yang siap memasok kebutuhan laptop lokal, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) telah memenuhi ketentuan pemerintah.

Enam produsen itu adalah PT Zyrexindo Mandiri Buana, PT Tera Data Indonusa, PT Supertone, PT Evercoss Technology Indonesia, PT Bangga Teknologi Indonesia, dan Acer Manufacturing Indonesia.

Baca Juga:
Pemerintah Gagas Laptop Merah Putih, Apa Itu?

Kesiapan produksi laptop dalam negeri ini adalah 351 ribu unit pada September 2021, dan total sebanyak 718.100 unit pada November 2021.

Dari segi kesiapan produsen, PT. Zyrexindo Mandiri Buana selaku produsen laptop merek Zyrex, mengaku siap untuk memenuhi program Laptop Merah Putih yang ditetapkan pemerintah pada tahun ini.

Dalam keterangan resminya, pihak Zyrex mengatakan telah memiliki 8 lini produksi yang mempunyai kapasitas produksi melebihi 430.000 unit laptop. Dengan kemampuan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengadaan dari Kemendikbudristek dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga:
Bedanya Laptop Merah Putih dan Laptop untuk Sekolah

Lalu, PT Bangga Teknologi Indonesia, produsen laptop lokal Advan mengatakan pihaknya mendapat jumlah pesanan sebanyak 20.000 unit laptop untuk program Laptop Merah Putih.

Sementara itu, PT Tera Data Indonusa yang merupakan pemilik merek Axioo, menyambut dengan baik segala bentuk dukungan pemerintah terhadap produk buatan Indonesia dan akan terus mengupayakan seluruh produk Axioo memiliki nilai TKDN diatas 40%.

Xiaomi Salip Apple, Kejar Samsung di Pasar Ponsel Global

Technologue.id, Jakarta – Xiaomi sukses menggusur Apple sebagai ponsel dengan pengiriman terbanyak kedua pada kuartal dua tahun ini. Xiaomi berhasil menduduki peringkat kedua setelah Samsung, sementara Apple berada di peringkat ketiga dalam laporan perusahaan riset Canalys.

Pengiriman ponsel Xiaomi meningkat 83% secara tahunan (year on year), serta meraih 17% pangsa pasar global dalam kuartal ini.

Sementara itu, brand raksasa asal Korea Selatan, Samsung, masih menduduki peringkat pertama, dengan pangsa pasar global 19%.

Sedangkan produsen iPhone yaitu Apple, anjlok di posisi ketiga dengan hanya menguasai pangsa pasar sebesar 14 persen dan pertumbuhan hanya satu persen.

Baca Juga:
Xiaomi Segera Rilis Laptop Terbaru, Jadi yang Pertama di Dunia

Di posisi ke empat dan kelima ada Oppo dan Vivo yang menguasai masing-masing 10 persen pangsa pasar dan tumbuh lebih dari 27 persen.

Dalam laporannya, Canalys melihat bahwa harga yang ditawarkan Xiaomi menjadi faktor kesuksesan perusahaan. Hal ini sangat kontras dengan apa yang dilakukan oleh Samsung dan Apple dengan harga premium.

Dalam surat kepada seluruh karyawan, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun menegaskan bahwa menjadi nomor dua global merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan Xiaomi.

“Xiaomi akan memperkuat kemampuan utamanya untuk memastikan diri sebagai brand smartphone kedua terbesar di dunia,” ujar Lei Jun melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga:
Xiaomi Siapkan Smartphone dengan Kamera 192MP

Xiaomi akhir-akhir ini telah menemukan kesuksesan khusus di Amerika Latin, Afrika dan Eropa Barat. Masih banyaknya pasar yang tersedia untuk melanjutkan ekspansi untuk menghadapi Samsung, seperti Oppo dan Vivo berharap untuk melanjutkan pertumbuhan global masing-masing dengan cepat.

Namun sayangnya, Huawei tidak ada dalam lima besar pengiriman ponsel versi Canalys. Penurunan cukup besar terjadi akibat Huawei masuk ke dalam daftar hitam AS yang mengakibatkan perusahaan dilarang ada di AS dan memotong akses pada produk seluler AS, termasuk Android Google.

Bedanya Laptop Merah Putih dan Laptop untuk Sekolah

Technologue.id, Jakarta – Proyek pengadaan laptop Merah-Putih dan laptop pelajar sempat ramai dibicarakan netizen lantaran spesifikasi produk yang beredar di media sosial dan dianggap kemahalan. Namun nyatanya keduanya adalah proyek yang berbeda.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memang menyiapkan dua model laptop lokal, namun berbeda target market.

Berikut perbedaan masing-masing proyek laptop:

Baca Juga:
Pemerintah Gagas Laptop Merah Putih, Apa Itu?

Laptop Merah-Putih

Kemendikbudristek menggandeng tiga perguruan tinggi untuk mengembangkan tablet dan laptop Merah Putih.

Konsorsium perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Konsorsium beberapa perguruan tinggi ini telah menyiapkan peta jalan, desain produk, dan nantinya terlibat penuh dalam produksi laptop bersama dengan industri mulai 2022. Kabarnya, pelajar SMK dan mahasiswa perguruan tinggi vokasi juga dilibatkan untuk proses perakitan sampai purnajual.

Tingkat Kandungan Dalan Negeri di tahun 2021 ini memiliki persentase 25 hingga 30 persen. Kabarnya, TKDN Laptop Merah Putih pada tahun depan persentasenya bisa mencapai lebih dari 40 persen, serta pada 2023 memiliki persentase 40 hingga 65 persen.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, pemerintah akan meningkatkan pengadaan produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) buatan lokal untuk sektor pendidikan Indonesia. Tak main-main, anggaran yang disediakan mencapai Rp17 triliun.

Rencananya, produk laptop lokal ini merknya akan diberi nama “Dikti Edu”. Laptop Merah Putih ini menyasar mahasiswa.

Beberapa waktu lalu, Mendikbudristek Nadiem Makarim sempat menyebut bahwa pemerintah mengalokasikan dana Rp2,4 triliun untuk pengadaan laptop bagi sekolah di Indonesia. Hal ini telah diatur di dalam Permen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2021.

Dana tersebut kabarnya akan mengatur rencana pembiayaan bagi 16.713 sekolah berupa 284.147 laptop produksi dalam negeri dengan sertifikat TKDN, peralatan pendukung seperti 17.510 wireless router, 10.799 proyektor dan layar, 10.799 konektor, 8.205 printer, dan 6.527 scanner.

Proyek ini dicapai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan rencananya diberikan ke sekolah-sekolah di Tanah Air yang dianggap belum memiliki perangkat teknologi memadai. Dengan kata lain, pemerintah akan menghibahkan laptop tersebut ke pihak sekolah, bukan per siswa.

Baca Juga:
Heboh Pengadaan Laptop Merah Putih, Netizen: Anggaran Kemahalan!!!

Laptop pelajar

laptop pelajar besutan Kemendikbudristek untuk sementara waktu tidak untuk penggunaan proses belajar mengajar di universitas di Indonesia.

Berbeda dengan laptop Merah-Putih, laptop pelajar Kemendibukristek tersebut untuk sekolah dasar (SD) sampai SMA.

Laptop untuk sekolah ini sempat heboh usai netizen menyoroti spesifikasi hard-disk yang cuma 32GB namun harga laptop akan berkisar Rp10 jutaan.

Spesifikasi yang akan ditampilkan pada laptop lokal ini akan mengacu pada Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Aggaran 2021, yaitu:

Sistem operasi: Chrome OS
Prosesor core: 2, frekuensi: lebih dari 1,1 GHz, Cache 1M
Memori standar terpasang: 4GB DDR4
Hard drive: 32 GB
USB Port: dilengkapi dengan USB 3.0
Networking: WLAN adapter (IEEE 802. 11ac/b/g/n);
Audio: Integrated
Monitor: 11 inch LED
Daya/power: maksimum 50 watt
Device management ready to activated chrome education upgrade (harus diaktivasi setelah penyedia ditetapkan menjadi pemenang)
Memiliki masa garansi: 1 tahun

Bocoran realme 8s, Dukung Jaringan 5G

Technologue.id, Jakarta – Bocoran terkait smartphone realme kembali mencuat. Kali ini membahas realme 8s, sebagai pelengkap seri 8, 8 Pro, dan 8 5G.

Seperti dilansir dari GSM Arena, Senin (2/8/2021), realme 8s ini disebut akan hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci. Layar memiliki refresh rate hingga 90Hz.

Smartphone terbaru realme ini bakal dipersenjatai oleh prosesor MediaTek Dimensity 810 yang mendukung konektivitas 5G.

Baca Juga:

Bocoran Microsoft Surface Duo 2, Bawa Teknologi Lebih Matang dari Pendahulunya


Tersedia RAM 6GB/8GB dan memori internal 128GB/256GB, serta opsi Extended RAM, di mana pengguna dapat memperluas kapasitas RAM hingga 5 GB.

Di sektor kamera, tersemat tiga buah kamera belakang dengan kamera utamanya beresolusi 64MP. Selain itu ada juga kamera selfie beresolusi 16MP.

Realme 8s hadir membawa baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 33 watt. Sistem operasinya berjalan di Android 11 dengan antarmuka UI 2.0.

Baca Juga:

Samsung Pastikan Tak Ada Galaxy Note Tahun Ini


Di bagian bawah smartphone terdapat sebuah port USB Type-C yang sejajar dengan jack audio 3.5 mm dan speaker. Kemudian, di samping kanan, bercokol tombol daya, dan di sisk kiri terdapat slot SIM.

Sayang hingga saat ini belum diketahui kapan smartphone terbaru ini akan meluncur. realme sendiri hingga saat ini masih belum mengkonfirmasinya.

Sabet Emas, Nama Grey-Apri Bergema di Medsos

Technologue.id, Jakarta – Warganet ikut merayakan kemenangan pasangan Indonesia di cabang Badminton Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di jagat maya, khususnya Twitter.

Dari pantauan Technologue.id, di Twitter ikut menggema dan ramai dengan #GreyApFinalTokyo2020. Hastag ini menjadi trending dan terus mengalir ucapan selamat atas kemenangan pasangan ini.

Selain #GreyApFinalTokyo2020 yang masih terus menggema, topik lain yang turut diperbincangkan oleh netizen diantaranya “Indonesia”, “ALHAMDULILLAH YA ALLAH”.

Baca Juga:
Warganet Sanjung Pasangan Badminton “The Daddies”

Saat berita ini ditulis, hastag GreyAp sudah mencapai 586 ribu tweet di kolom Trending Topic twitter.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mencetak sejarah baru badminton Indonesia.

Diketahui Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menjari pasangan ganda putri pertama Indonesia, yang berhasil masuk final di ajang olimpiade bahkan kini keduanya memperoleh medali emas.

Huawei Nova 8 SE Life Meluncur di China, Harga Rp 4 Jutaan

Technologue.id, Jakarta – Huawei kembali meluncurkan smartphone terbaru. Kali ini adalah Nova 8 SE Life yang merupakan smartphone kelas menengah.

Dilansir dari GSM Arena, Senin (2/8/2021), Nova 8 SE Life hadir dengan mengusung layar LCD berukuran 6,6 inci. Resolusi layarnya adalah FHD Plus.

Baca Juga:

Perbedaan Fitur Huawei P50 dan P50 Pro

Untuk menyokong performanya, Huawei mengandalkan prosesor Kirin 710aA. Prosesor tersebut dipadu dengan RAM berukuran 8GB dan memori internal berkapasitas 128GB.

Huawei Nova 8 SE Life dilengkapi dengan kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera makro 2MP dan kamera depth 2MP.

Untuk kamera depannya, digunakan kamera beresolusi16MP yang disematkan di sebuah punch hole di bagian tengah atas layar.

Baca Juga:

OPPO Watch 2 Meluncur di China, Bawa Peningkatan dari Seri Sebelumnya


Huawei Nova 8 SE Life memiliki baterai berukuran 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 40W. Untuk sistrm operasinya berjalan di Android 10 dengan antarmuka EMUI 10.1.

Huawei Nova 8 SE Life baru tersedia untuk passr China. Smartphone ini dibandrol seharga Rp 4,2 jutaan dengan pilihan warna Magic Night Black dan Frost Silver.

Telegram Bisa Video Call Sampai 1.000 Orang

Technologue.id, Jakarta – Telegram meningkatkan kemampuan pada fitur panggilan video alias video call. Dalam pembaruan, fitur video call Telegram bisa menampung hingga 1.000 orang pengguna.

“Fitur baru itu disebut Group Video Calls 2.0. Tentu saja angkanya tidak berhenti pada 1.000 orang saja. Kami akan terus meningkatkan batas ini sampai semua manusia di bumi ini dapat bergabung dalam satu panggilan grup,” bunyi pernyataan Telegram dikutip dari The Verge (1/8/2021).

Baca Juga:
Telegram Sekarang Bisa Video Call Ramai-ramai

Meski Telegram bisa menampung 1.000 pengguna dalam fitur video call, namun untuk penayangan video dari kamera atau layar tetap hanya bisa menampilkan 30 orang saja.

Selain itu, ada juga fitur baru Video Messages yang mendukung pengiriman pesan video di Telegram dengan resolusi lebih tinggi. Pesan dalam bentuk video atau audio juga bisa tetap di-minimize di layar belakang.

Penggunanya dapat mengambil dan melihat setiap klip video yang datang dengan gambar yang lebih detil. Saat pengguna Telegram merekam pesan videonya, audio dari perangkat bisa tetap diputar untuk memberi audio latar belakang seperti yang diinginkan.

Pengguna juga bisa mengatur video messages seperti menjeda, mempercepat, atau memundurkan pesan apabila mereka melewatkan pesan penting yang disampaikan dalam video.

Baca Juga:
Cara Memperoleh Centang Biru di Akun Telegram

Tak hanya itu, video yang dikirim melalui Telegram kini bisa ditonton dalam kecepatan 0.5X, 1.5X, atau 2.0X. Pada sistem operasi Android juga tersedia dukungan kecepatan 0.2X.

Lalu ada fitur sharing screen atau berbagi layar untuk panggilan video dengan menyertakan audio. Dengan ini pengguna bisa saling berbagi ketika saat memainkan game atau podcast ke pengguna lain.

Telegram juga bisa membuat panggilan video 1-on-1 berbagi layar dengan suara, dan ada interval auto-delete baru untuk menghapus pesan-pesan setelah satu bulan. Sebelumnya Telegram menyediakan pilihan hapus otomatis pesan mulai dari sehari dan seminggu.

Mengenal Chrome OS untuk Laptop Chromebook

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berencana mengadakan 240 ribu laptop untuk pelajar di seluruh Indonesia. Laptop-laptop ini akan berjalan di sistem operasi Chrome OS, bukan Windows.

Nah sebenarnya apa sih sistem operasi Chrome OS itu? Berikut rangkumannya, seperti Technologue.id lansir dari berbagai sumber, Senin (2/8/2021).

Baca Juga:

Heboh Pengadaan Laptop Merah Putih, Netizen: Anggaran Kemahalan!!!


Chrome OS sendiri merupakan sistem operasi yang diluncurkan Google pada tahun 2009 lalu. Sistem operasi ini hadir untuk mendukung laptop seri Chromebook, dengan pengaturan terintegrasi dan aplikasi yang mudah digunakan untuk menghadirkan kenyamanan belajar.

Chrome OS lebih ditujukan untuk mendukung kegiatan komputasi di ranah pendidikan, sebab berbekal aksesibilitas terintegrasi dan fitur keamanan untuk memperdalam koneksi ruang kelas, serta menjaga keamanan infomasi pengguna.

Dengan sistem operasi ini para pelajar dimungkinkan untuk mengakses aplikasi, pengaturan dan lainnya dari berbagai perangkat, dan ditujukan untuk mempersiapkan pelajar dengan proyek kolaboratif yang memperdalam kemampuan digital.

Baca Juga:

5 Laptop Rp3 Jutaan untuk Belajar Online


Chrome OS biasanya hadir di perangkat yang memiliki spesifikasi rendah karena sifat sistem operasi ini yang sederhana dan tidak kaya fitur seperti Windows atau Mac OS. Kebanyakan Chromebook biasanya menggunakan prosesor Intel Celeron, RAM 4GB dan storage hingga 64GB.

Sayangnya Chrome OS mempunyai kekurangan dalam penggunaan aplikasi versi penuh desktop seperti di Windows maupun MacOS, antara lain Photoshop, Coreldraw, dan Microsoft Office. Selain itu, Chromebook juga tidak bisa digunakan untuk bermain game berat.

OS Chrome Pepet Windows Sebagai Sistem Operasi Laptop Terpopuler

Technologue.id, Jakarta – Sistem operasi desktop Chrome OS makin melaju dalam persaingan pangsa pasar sistem operasi di seluruh dunia. Chrome OS didaulat menjadi sistem operasi laptop terpopuler kedua di dunia, dan berada tepat dibelakang Windows.

Berkat popularitas ini, Chrome OS pun menggantikan posisi macOS di peringkat yang sama sebelumnya.

Windows masih memegang pangsa pasar terbesar dengan 80,5 persen, Chrome OS meraup 10,8 persen. Diikuti macOS dengan 7,5 persen.

Baca Juga:
Laptop Samsung Chromebook 4 Hadir di Indonesia untuk Pelajar

Perolehan tersebut mengacu pada perusahaan riset pasar IDC. Chrome OS telah melewati macOS secara singkat di setiap kuartal sebelumnya, tetapi tahun 2020 adalah tahun penuh pertama ketika Apple OS menempati posisi ketiga.

Terlepas dari fakta bahwa macOS mendarat di urutan ketiga, melihat ini sebagai contoh Google mengalahkan Apple secara langsung mungkin tidak akurat.

Sebaliknya, kemungkinan Chrome OS telah menarik penjualan dan pangsa pasar dari Windows di pasar kelas bawah. Pangsa pasar Mac sebenarnya tumbuh dari 6,7 persen pada 2019 menjadi 7,5 persen pada 2020.

Chrome OS meroket dari 6,4 persen pada 2019 menjadi 10,8 persen pada 2020. Windows turun dari 85,4 persen menjadi 80,5 persen, dan sisanya dengan 1,2 persen ditempati oleh sistem operasi lainnya.

Baca Juga:
Google Chrome Bisa Tampilkan Subtitle Video

Banyaknya komunitas dan pelajar yang harus menghadiri kelas secara virtual dari rumah dan orang tua mereka juga harus bekerja dari jarak jauh, penjualan PC melonjak sepanjang tahun. Chrome OS mendapat keuntungan dari tren ini.

Namun, secara keseluruhan pasar tumbuh tidak terbatas pada Chrome OS. IDC juga mencatat bahwa gaming PC juga menjadi pendorong pertumbuhan besar.

Di ranah pendidikan, termasuk pascapandemi kelak, masa depan Chrome OS terlihat masih cukup cerah.

Windows 11 Beta Meluncur, Begini Cara Download-nya

Technologue.id, Jakarta – Windows 11 versi beta resmi diluncurkan. Sistem operasi ini hadir untuk menjawab rasa penasaran pengguna akan Windows 11.

Untuk diketahui Windows 11 sendiri memang sebenarnya sudah bisa diunduh. Namun sistem operasi ini kurang ramah pengguna.

Windows 11 hanya bisa dipasang di perangkat dengan spesifikasi tertentu. Untuk itu versi beta hadir agar bisa dinikmati semua orang.

Baca Juga:

Komputer “Kentang” Dipastikan Tak Bisa Install Windows 11


Dilansir dari The Verge, Senin (2/8/2021), versi beta dirancang untuk para early adopter yang ingin menjajal Windows 11. Versi ini lebih stabil dan juga sudah divalidasi oleh Microsoft.

Windows 11 beta tersedia bagi pengguna yang bergabung dengan program Windows Insiders. Windows menyarankan agar sistem operasi ini dipasang di perangkat sekunder.

Untuk yang ingin menjajal Windows 11 versi beta bisa memulai dengan buka Settings Windows> Update&Security> Windows Insider Program> Get Started.

Baca Juga:

Waspada! Beredar Windows 11 Berisi Trojan


Setelah itu hubungkan akun Microsoft yang sudah dimiliki atau dibuat lalu pada pengaturan Windows Insider Program pilih channel Beta.

Selanjutnya adalah Restart perangkat. Saat perangkat sudah kembali menyala pilih menu Settings dan masuk ke Update & Security.

Pilih bagian Check for Updates, pastikan perangkat terhubung internet untuk melihat update Windows 11 muncul di bagian tersebut lalu pilih Download.