Huawei: Hongmeng OS Bukan untuk Smartphone

Technologue.id, Jakarta – Setelah sempat diblokir oleh Google saat perang dagang AS-Tiongkok memanas pada beberapa waktu lalu, banyak rumor yang mengatakan bahwa Huawei akan menyiapkan Hongmeng OS sebagai pengganti Android. Namun kini, sistem operasi tersebut tidak dirancang untuk smartphone.

Baca Juga:
Huawei Uji Satu Juta Unit Smartphone Berbasis Hongmeng OS

Mengutip dari GSMArena (19/07/19), pada sebuah acara di Belgia, Catherine Chen, salah satu VP di Huawei mengatakan bahwa Hongmeng OS tidak pernah dirancang untuk menggantikan Android, melainkan dikembangkan untuk keperluan bisnis dan perangkat Internet of Things (IoT).

Lebih detailnya, Chen juga mengatakan bahwa Hongmeng OS baru-baru ini memang sudah memiliki merek dagang. Meski begitu, ia menegaskan kalau sistem operasi itu penggunaannya ditujukan bagi industri dan telah dikembangkan jauh sebelum terjadinya perang dagang.

Baca Juga:
Huawei Tidak Jadi Gunakan Sistem Operasi Buatan Sendiri?

Walaupun tak diperuntukkan bagi smartphone, Chen menambahkan bahwa Hongmeng OS memiliki waktu latensi yang sangat rendah jika dibandingkan dengan sistem operasi smartphone lainnya. Tak cuma itu, baris kode pemrograman sistem operasi buatan Huawei itu juga lebih ringkas sehingga performanya diyakini lebih optimal.

Hingga saat ini, Huawei sendiri belum memberikan detail soal perangkat apa saja yang nantinya bakal mengadopsi Hongmeng OS. Mereka juga tampaknya belum ada kerja sama khusus dengan berbagai vendor hardware agar bisa memasukkan sistem operasi tersebut ke dalam platformnya.

Latest News

Resep Makanan Paling Berguna di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Game Genshin Impact kini semakin populer. Dalam game ini, ternyata ada fitur memasak untuk menambah stamina karakter.

Buntut Bayar Pajak, Harga Aplikasi di Apple App Store Naik

Technologue.id, Jakarta - Apple akan mulai menaikkan harga pembelian aplikasi di App Store dalam beberapa hari kedepan. Kenaikan akan terjadi di sejumlah...

Dell Luncurkan XPS 15 dan XPS 17, Layar Lebih Lapang

Technologue.id, Jakarta - Dell Technologies memperbarui varian laptop terbaik mereka, XPS 15 dan 17, di Indonesia. Kedua laptop ini hadir dengan kinerja...

Twitter Keok, Pengguna Tidak Bisa Log In Akun

Technologue.id, Jakarta - Layanan Twitter sempat down atau tidak bisa diakses oleh para pengguna di sejumlah negara termasuk Indonesia, pada Rabu (28/10)...

Another Eden X Persona 5 Royal, Kolaborasi Bagian Kedua Bakal Hadir Bulan November

Technologue.id, Jakarta - Pada bulan Desember tahun lalu, RPG mobile populer, Another Eden, bikin event gabungan dengan Atlus 'Persona 5. Hari Minggu (25/10)...

Related Stories