Technologue.id, Jakarta – Ambisi tinggi Huawei di pasar smartphone global terus digaungkan. Perusahaan kipas merah itu tak segan bertarung dengan Apple dan Samsung. Bahkan, Huawei sesumbar siap menggusur keduanya.

Sesuai roadmap yang dipaparkan oleh Richard Yu, petinggi Huawei, mereka menargetkan mampu menjadi produsen smartphone nomor satu dunia. Mengutip GSMArena.com (14/6/16), Huawei bermimpi untuk meraih predikat itu pada tahun 2021 mendatang.

Target ini tak sekadar angan, karena ada landasan data validnya. Huawei memang tak bisa berkelit kalau pasar smartphone Tiongkok sedang lesu, tetapi mereka masih bisa bangga. Sebab, di kuartal pertama 2016, Huawei mampu mencatatkan kenaikan penjualan hingga 59 persen. Di sisi lain, Samsung tak mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan sementara Apple merosot 14 persen.

Saat ini, Huawei memang masih di belakang Apple dan Samsung. Namun mereka tetap ada di tiga besar, dengan market share sekitar 8 persen. Jumlah itu tak sampai dua kali lipat dari milik Apple (15 persen), sedangkan Samsung memegang porsi pasar sebesar 23 persen.

Share this