Huawei Rilis EMUI 9.0, Ini Segudang Peningkatan Fiturnya

Technologue.id, Jakarta – Sistem operasi proprietary EMUI 9.0 hadir bersamaan dengan peluncuran Huawei Mate 20 Series. Piranti lunak besutan Huawei ini dibangun berdasarkan OS Android P.

EMUI 9.0 hadir dengan beberapa perubahan dan peningkatan dalam antarmuka yang membuatnya menjadi sederhana namun komplit. Perubahan yang dibawanya mencakup kontrol gerakan baru yang membantu pengguna untuk menavigasi dengan cepat, melakukan banyak tugas, dan membuka asisten AI.

Suksesor EMUI 8.0 ini memiliki setting menu yang mudah. Semua berkat dua pendekatan: mengurangi jumlah item di menu Settings dan menambahkan tab Advanced untuk membuka konfigurasi yang lebih lengkap. Dibandingkan dengan pendahulunya, opsi yang ada di EMUI 9.0 berkurang 10 persen.

Baca juga:

Huawei Siapkan Smartphone Berteknologi In-display Camera?

Huawei merancang EMUI 9.0 untuk menjadi EMUI yang paling ergonomis. Antarmuka baru fitur penempatan optimal tombol navigasi yang secara signifikan bikin penggunaan satu tangan makin nyaman.

Sebagai contoh, bar navigasi Galeri telah dipindahkan ke bagian bawah layar, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menelusuri antara Foto, Album, Sorotan dan tab Discover dengan ibu jari tangan sambil memegang perangkat.

Selain itu, EMUI 9.0 menawarkan dua cara bagi pengguna untuk menggunakan AI untuk memperkaya hidup mereka, yaitu: HiVision dan HiTouch.

Baca juga:

Nano Memory Buatan Huawei Akan Gantikan microSD?

Dijelaskan oleh Ryan Lui, VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group, dengan HiVision, pengguna dapat dengan mudah mencari berbagai informasi lebih lanjut di Internet, tentang objek yang menarik, hanya dengan mengarahkan kamera ke arahnya. HiVision mengenali landmark dari 15 negara serta lebih dari 10 juta karya seni terkenal. Ia juga mengenali berbagai macam makanan, dan dapat memberikan perkiraan kalori untuk pengguna yang sadar tentang asupan kalori mereka.

Sementara HiTouch memungkinkan pengguna dengan mudah melakukan pengecekan online terhadap pengecer dan platform e-commerce dan berbelanja barang. Fitur ini dapat mengenali lebih dari 120 juta item dari lebih dari 200 platform e-commerce dan toko online resmi dengan hampir 100 merek.

Baca juga:

Huawei Pede Salip Samsung Tahun 2020

“HiVision bisa mengenali beragam object, setelah Anda foto lalu akan muncul dalam pencarian di e-commerce. Sangat mudah,” ujar Ryan dalam temu media di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Ada juga fitur pengelola kata sandi baru yang mampu mengisi sandi secara otomatis hanya melalui verifikasi ID dari sensor sidik jari atau dengan menggunakan pengenalan wajah.

Selain sistem baru, EMUI 9.0 juga datang dengan membawa versi terbaru GPU Turbo 2.0 yang mengurangi respons sentuhan ponsel sebesar 36 persen dan menambahkan asisten aplikasi baru.

Huawei Mate 20 Series bakal hadir dengan EMUI 9.0 yang sudah pre-installed. Sementara untuk perangkat premium lain akan tersedia via update, yaitu untuk Huawei P20 Pro, Huawei P20, Huwei Mate 10 Pro, dan Huawei Mate 10 di negara terpilih, melalui HOTA update.

Recent Articles

Facebook Gaming Meluncur di iOS, Namun ‘Kopong’

Technologue.id, Jakarta - Facebook akhirnya merilis aplikasi Facebook Gaming untuk perangkat iOS. Berbeda dengan versi Android, Facebook Gaming untuk iOS ini tidak...

Netmarble Lurncurkan Event The Seven Deadly Sins: Grand Cross X Attack on Titan

Technologue.id, Jakarta - Netmarble luncurkan event baru di game buatannya, The Seven Deadly Sins: Grand Cross X Attack on Titan pada 21...

Presiden AS Putuskan Blokir WeChat

Technologue.id, Jakarta - Ancaman pemblokiran terhadap aplikasi populer asal China oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bukan hanya mendera TikTok saja....

Xiaomi Kembangkan Ponsel dengan Layar yang Bisa Dibongkar-Pasang

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Setelah banyak meluncurkan beragam ponsel pintar, kali ini raksasa teknologi asal China itu dikabarkan...

Samsung Dirikan Test Center Covid-19 di Korea Selatan

Technologue.id, Jakarta - Dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini masih dirasakan oleh berbagai pihak, tak terkecuali oleh raksasa teknologi asal Korea Selatan,...

Related Stories