Technologue.id, Jakarta – Sebagai negara yang memiliki penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, Indonesia jelas menjadi lebih spesial tatkala Ramadan tiba. Di bulan ketika umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa ini, ternyata berdampak besar pula bagi sektor e-commerce Tanah Air.

Dari pantauan Flipit Indonesia, ada peningkatan daya beli masyarakat hingga tiga kali lipat selama Ramadan, dengan minggu kedua dan ketiga sebagai momen emasnya. Namun yang cukup menarik perhatian redaksi adalah fakta bahwa umat Muslim di Indonesia juga melakukan aktivitas lain pada pukul 4 pagi selain bersantap sahur, yakni berbelanja online.

Ya, selama bulan Ramadhan, masyarakat Indonesia cenderung menggunakan waktu sahur untuk online shopping dibanding waktu mana pun, bahkan melebihi jam makan siang. Trafik e-commerce sebelum Subuh bahkan bisa melonjak hingga 152 persen.

Kenaikan arus ke situs belanja online selama Ramadan ini pun selaras dengan bertambahnya pengeluaran masyarakat untuk belanja online. Dari rilis pers yang diterbitkan Flipit, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 120 ribu per harinya untuk membeli barang di internet. Secara keseluruhan, pengeluaran untuk belanja online pun naik 67 persen.

- Advertisement -

Apakah Anda juga termasuk yang hobi online shopping saat sahur?