IDC Prediksi Kapan Pasar Smartphone Pulih

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Dampak Covid-19 banyak dirasakan oleh para pemangku bisnis, termasuk soal smartphone. Dan baru-baru ini, salah satu lembaga riset pasar ternama, International Data Corporation (IDC) baru saja merilis data proyeksi soal kapan pasar smartphone akan kembali pulih.

Mengutip dari GizmoChina, IDC memperkirakan bahwa pasar smartphone akan kembali pulih setidaknya pada tahun 2022. Dan pada tahun 2023 mendatang, smartphone 5G setidaknya bakal menguasai 50 persen pasar smartphone secara keseluruhan.

Untuk pasar smartphone sampai akhir tahun 2020 ini, IDC memproyeksikan angkanya akan turun sekitar 9,5 persen dari tahun ke tahun dengan jumlah pengiriman sebanyak 1,2 miliar unit. Hal ini diperkirakan karena tahun ini banyak lini bisnis yang terdampak pandemi secara sistemik dan berskala global.
Data IDC (Sumber: GizmoChina.com)
IDC juga mencatat bahwa smartphone 5G akan menjadi kunci pergerakan pasar smartphone pada tahun-tahun berikutnya. Dan ini akan menjadi prioritas bagi para produsen smartphone. Namun untuk saat ini, kebanyakan vendor smartphone masih mengandalkan lini smartphone 4G lantaran biaya produksinya masih lebih rendah dibandingkan 5G.

Meski begitu, pada tahun berikutnya, angka rata-rata harga penjualan perangkat 5G diprediksi bakal terus turun seiring dengan semakin massalnya teknologi tersebut. Bahkan, akhir kuartal lalu, 43 persen smartphone 5G di Tiongkok sudah berhasil dijual dengan harga di bawah US$400 atau sekitar Rp6 juta.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories