Technologue.id, Jakarta – Salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia, Smartfren mencatat bahwa pelanggannya banyak menggunakan layanan komunikasi khususnya streaming dan mengakses aplikasi media sosial selama musim libur hari raya Idul Fitri tahun 2019.

“Seperti yang sudah kami prediksi, di bulan Ramadan dan juga hari raya lebaran tahun 2019 akan terjadi kenaikan lalu lintas data, dan memang benar terjadi kenaikan khususnya di layanan streaming video, kemudian yang kedua adalah para pengguna sosial media”, pernyataan resmi Sharizan Zaki Pondren, Head of Customer Experience and Analytics Smartfren, kepada Technologue.id (17/06/19).

Di saat yang bersamaan, Smartfren juga melaporkan bahwa mobilitas pelanggannya selama mudik dan hari raya Lebaran 2019 paling banyak terjadi di daerah Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Tak cuma itu, tahun ini juga terjadi peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang jalan tol trans jawa.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Smartfren sendiri menurunkan 180 mobile BTS dan 76 kontainer di sepanjang jalur tol trans jawa. Selain itu, mereka juga melakukan monitoring 24 jam x 7 hari dari NOC di seluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan.

“Kami bersyukur bahwa sepanjang Ramadan hingga selesainya hari raya Lebaran 2019, Smartfren sukses melayani dan memberikan kelancaran komunikasi bagi setiap pelanggannya”, tutup Sharizan Zaki Pondren.