Technologue.id, Jakarta – Lonjakan trafik komunikasi diprediksi meningkat di berbagai lokasi mudik maupun fasilitas publik seperti stasiun, terminal dan bandara. XL Axiata mengantisipasi lonjakan trafik di ruang publik tersebut dengan mengimplementasikan teknologi komunikasi terbaru.

Perangkat Radio Dot System (RDS) berteknologi dipasang XL di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten. Perangkat canggih tersebut berfungsi memancarkan sinyal di dalam gedung supaya mampu melayani kebutuhan pelanggan XL dan masyarakat, di mana kenaikan trafik bakal terjadi seiring dengan kesibukan jelang libur Lebaran.

“Perangkat RDS yang kami pasang tersebut menggunakan teknologi terbaru, dengan berbagai keunggulan, dan baru XL yang menggunakannya di Indonesia,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL.

Yessie mengaku Bandara Soetta memang salah satu lokasi yang menjadi prioritas bagi XL untuk menyajikan layanan yang maksimal. “Apalagi Terminal 2 merupakan salah satu pintu utama bagi masyarakat dan tamu dari negara lain yang akan berkunjung ke Indonesia,” imbuh Yessie.

Dalam keterangannya, XL mengaku ada sedikitnya 118 titik yang telah terpasang dengan small cell canggih itu dalam gedung dengan luas jangkauan 220 ribu meter persegi. Satu perangkat bisa melayani hingga 96 pengguna 3G secara bersamaan dan 40 pengguna 4G secara bersamaan pada satu titik lokasi.

Keunggulan yang dimiliki dengan menggunakan teknologi active radio dan antena dibanding dengan perangkat sejenis versi lama ialah jangkauannya lebih luas. Keunggulan lainnya adalah implementasi yang jauh lebih mudah, cepat, serta lebih fleksibel.

XL akan mengimplementasikan perangkat small cell berteknologi terbaru ini untuk menggantikan perangkat lama yang memang sudah harus diperbarui. Selain di Bandara, perangkat baru ini sudah terpasang di sejumlah XL Center di Jakarta.