Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pengguna iPhone Rata-Rata Habiskan Rp 360 Ribuan Cuma Buat Game
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Kecanduan pengguna gadget terhadap mobile game ternyata sudah bukan mitos lagi. Fenomena ini terjadi hampir merata di seluruh penjuru dunia, termasuk di negara sebesar Amerika Serikat. Menurut SensorTower, pengguna iPhone di sana cenderung doyan merogoh koceknya untuk kepentingan hiburan seperti game. Dari analisis mereka sepanjang 2016, kebutuhan untuk membeli mobile game atau melakukan in-app purchasing mencapai Rp 360 ribuan. Jumlah itu naik dari 2015 yang masih berkisar di antara Rp 333 ribuan. Ini artinya, masyarakat di AS, terutama pengguna iPhone, semakin boros dan loyal untuk urusan mobile gaming. Hal menarik lain yang didapat SensorTower adalah faktanya tendensi orang untuk mengunduh game baru menurun, dari 10,5 game per device pada 2015 menjadi 9,9 game saja per device tahun lalu. Tampaknya, Apple fanboy di sana sedang tak terlalu tergiur untuk mengunduh game baru, tetapi lebih rela membayar lebih untuk game yang benar-benar mereka sukai. Adapun nama-nama game terpopuler di iOS, seperti Clash Royale, Game of War, dan Pokémon Go. Tiga nama itu termasuk game yang populer dari segi download dan mampu men-generate revenue yang tinggi. Loyalitas penyuka mobile game ternyata tak sebanding dengan kerelaan pengguna iPhone di AS untuk aplikasi lain. Pengeluaran mereka untuk musik bahkan hanya Rp 48 ribu rata-ratanya. Padahal, musik adalah kategori konten digital di App Store yang terpopuler kedua, tepat di bawah games. [caption id="attachment_13582" align="alignnone" width="640"] Belanja digital pengguna iPhone di AS (source: SensorTower)[/caption] Menurut Randy Nelson, head of mobile insight SensorTower, pengeluaran rata-rata pengguna iPhone di App Store selama 2016 adalah Rp 533 ribu. Angka itu, lebih dari 80 persennya diperuntukkan untuk game. Sedangkan kalau dikomparasikan year-on-year, konsumsi konten digital di toko maya milik Apple itu naik dibandingkan 2015 yang hanya Rp 467 ribu.   Baca juga: Tahukah Anda, Game Ini ‘Sumbang’ Nintendo Rp 707 Miliar? Easy Mode, Cara Mudah Tamatkan Super Mario Run Sony Perkenalkan Lini Game Baru PlayStation 4 Greatest Hits

SHARE:

Google Batal Bikin Pixel Tablet 2, Hindari Persaingan dengan Apple?

Ini Respons Kemenperin soal Proposal Investasi Apple Rp1,58 Triliun