Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Vendor Lokal Jadi Raja, Pangsa Pasar Apple Keok di Tiongkok
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Apple mengalami penurunan pangsa pasar di China, berdasarkan laporan dari firma riset tentang pengiriman smartphone lokal. Penjualan iPhone di Tiongkok merosot 0,3%, di saat pesaingnya Huawei membukukan lonjakan 42% pada kuartal ketiga 2024.

Menurut data dari IDC, Apple mencapai posisi kedua dengan pangsa pasar 15,6%, meskipun turun 0,5 poin persentase tahun-ke-tahun. Sementara Huawei berada di posisi ketiga dengan 15,3%, naik 4,2 poin persentase.

Lima vendor smartphone teratas di Tiongkok periode Juli-September 2024 menurut IDC adalah Vivo (18,6%) Apple (15,6%) Huawei (15,3%) Xiaomi (14,8%) Honor (14,6%).

Baca Juga:
Rayakan 10 Tahun, Apple Rilis Fitur Baru Apple Pay

Namun hasil berbeda ditunjukkan oleh laporan kuartal terbaru dari Canalys. Berdasarkan tabel pasar ponsel China, Huawei menempati peringkat kedua dan Apple di posisi keempat.

IDC dan Canalys mengonfirmasi bahwa Vivo adalah perusahaan terlaris pada Q3 2024. Vivo mengantongi pangsa pasar sebesar 18,6% menurut IDC, atau 19% menurut Canalys.

Meskipun analis yang berbeda mengambil pendekatan yang berbeda untuk mengumpulkan data mereka, gambaran keseluruhan dengan jelas menunjukkan bahwa pasar di Tiongkok semakin ketat. Perbedaan antara posisi pertama dan kelima hanya 5 persen.

Antara Juli dan September 2024, Vivo terus memborbardir pasar dengan berbagai rentang harga untuk menarik banyak konsumen. Kemudian ada Apple dengan iPhone terbarunya; Huawei mengandalkan semangat nasionalis karena menghadapi pembatasan karena sanksi AS.

Baca Juga:
Sasar Gen Lite, Vivo V40 Varian Murah Dijual Mulai dari Rp3 Jutaan

Xiaomi menjual ponsel dengan harga lebih rendah dan margin lebih rendah, sementara Honor meluncurkan ponsel lipat Magic Flip dan Magic V3.

IDC mengungkapkan bahwa pengiriman ponsel seharga (setara) $600 tumbuh hingga hampir 30%, sementara pangsa perangkat premium ($400-$600) turun menjadi 6,6%. Ini termasuk ponsel pintar yang dapat dilipat, yang pengirimannya tumbuh 13,6% setiap tahunnya.

Khusus kategori smartphone lipat, Huawei tetap menguasai pasar dengan 41% dari semua penjualan di Q3, diikuti oleh Honor dengan pangsa pasar 21,9%. Xiaomi, Samsung, dan vivo melengkapi 5 Teratas.

SHARE:

Google Batal Bikin Pixel Tablet 2, Hindari Persaingan dengan Apple?

Ini Respons Kemenperin soal Proposal Investasi Apple Rp1,58 Triliun