India Boikot Produk China, Gimana Nasib Xiaomi?

Technologue.id, Jakarta – Sentimen anti China di India ternyata belum memberikan dampak yang signifikan bagi raksasa ponsel asal China, Xiaomi. Hal ini diakui oleh Manu Kumar Jain selaku pimpinan Xiaomi di India.

Kumar menyebut ini bisa terjadi lantaran Xiaomi India telah membangun perusahaan dengan budaya lokal yang kuat. Bahkan Xiaomi India sudah melakukannya sejak 6 tahun terakhir.

Baca Juga:

Tiga Ponsel Favorit Bos Xiaomi, Ada iPhone?


“Tim produk kami, tim riset dan pengembangan ada di sini di India. Seperti yang kami sebutkan, seluruh ponsel kami, mayoritas televisi kami dibuat di India, jumlah besar komponen bersumber dari lokal, seluruh tim kepemimpinan ada di India,” ujarnya.

“Perusahaan telah melihat beberapa reaksi di media sosial tapi sampai sekarang kami tidak melihat dampak besar pada bisnis kami, baik itu pada penjualan atau permintaan,” tambahnya dikutip dari CNBC pada Selasa (30/6/2020).

Baca Juga:

Ancam Keamanan Nasional, Intelijen India Ngebet Take Down Aplikasi China

Sejak hubungan antara dua negara tersebut memanas akibat konflik perbatasan di Himalaya yang menewaskan 20 tentara India, Xiaomi juga telah mengambil langkah antisipasi dengan memberi label Made in India. Hal ini dilakukan agar penjualan ponselnya tetap berada di titik aman.

Xiaomi sendiri merupakan produsen ponsel asal China yang memiliki posisi di India dan telah menguasai sekitar 30% pasar saat ini, menurut data Counterpoint Research. Tidak hanya Xiaomi, lima produsen asal China lainnya juga berada dijajaran teratas dan sedang diboikot masyarakat India.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories