HomeHeadlineIndia Mulai Garap Teknologi 6G

India Mulai Garap Teknologi 6G

Technologue.id, Jakarta – India sedang bekerja membangun teknologi 6G yang dikembangkan secara lokal. Menteri Komunikasi India Ashwini Vaishnaw mengatakan jaringan 6G ini dijadwalkan akan meluncurkan pada akhir 2023 atau awal 2024.

Berbicara dalam webinar yang diselenggarakan oleh Financial Times dan The Indian Express, Vaishnaw mengatakan izin yang diperlukan telah diberikan kepada ilmuwan dan insinyur yang bekerja pada teknologi 6G. Teknologi tersebut juga akan diekspor ke negara lain.

Baca Juga:
Gokil, China Bersiap Hadirkan 6G

“Kami akan merancang perangkat lunak telekomunikasi India untuk menjalankan jaringan, peralatan telekomunikasi yang diproduksi di India, disajikan di jaringan telekomunikasi India yang dapat mendunia,” kata Ashwini, dikutip dari Indian Express, Kamis (25/11/2021).

Selain 6G, pemerintah juga berencana meluncurkan teknologi 5G. Untuk pembangunan 5G ini dilakukan dengan pengembangan perangkat lunak untuk teknologi yang akan selesai pada kuartal ketiga tahun depan.

Sementara lelang untuk spektrum 5G juga kemungkinan akan terjadi pada kuartal kedua tahun kalender 2022. “Referensi telah dibuat ke TRAI (Telecom Regulatory Authority of India) untuk lelang spektrum 5G. Mereka sudah memulai proses konsultasi,” tuturnya.

Prosesnya harus berakhir dalam waktu Februari-Maret di tahun depan. Kemudian proses lelang akan dilakukan pada Q2 tahun kalender 2022.

Baca Juga:
Samsung Uji Coba Jaringan 6G

Awal tahun ini, Kabinet telah menyetujui serangkaian sembilan reformasi struktural dan prosedural untuk mengatasi kebutuhan likuiditas jangka pendek serta masalah jangka panjang perusahaan telekomunikasi.

Sebagai bagian dari reformasi ini, pemerintah telah memberikan opsi kepada perusahaan telekomunikasi untuk melakukan moratorium empat tahun atas pembayaran spektrum yang ditangguhkan dan iuran pendapatan kotor yang disesuaikan.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More