Technologue.id, Jakarta – Selayaknya Lebaran, Hari Raya Natal dan Tahun Baru biasanya menjadi momen penting bagi masyarakat dalam merayakan dan mengisi liburan akhir tahun. Aktivitas masyarakat meningkat cukup signifikan di sekitar hari Natal dan Tahun Baru, termasuk aktivitas telekomunikasi.

Indosat Ooredoo mengklaim telah mengantisipasi peningkatan lalu lintar telekomunikasi di jaringannya. Perusahaan itu juga menjamin pelanggannya tetap dapat berkomunikasi dengan lancar dan nyaman walaupun diperkirakan akan terjadi lonjakan traffic telekomunikasi.

Indosat mengaku telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya. Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan data.

Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2,244 Juta menit/hari (37,4 juta Erlang/hari), kapasitas layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,892 milyar SMS/hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 6,890 Terabyte/hari.

Semua peningkatakan kapasitas tersebut telah memperhitungkan lonjakan traffic berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sehingga tetap dapat melayani 81,6 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total 54.212 BTS secara nasional.

“Kami ingin tetap memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan (best user experience) dalam kondisi apapun,” jelas disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo dalam keterangan resmi yang diterima Technologue.id.

Pemantauan kualitas jaringan dilakukan Indosat dengan memanfaatkan fasilitas miliknya secara intensif. Optimasi i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business.

Selain itu, pemantauan juga dilakukan melalui Digital Engagement Center (DEC), yang khusus memonitor percakapan pelanggan di media sosial. Keluhan yang disampaikan pelanggan melalui percakapan media sosial dapat ditangkap dan ditindaklanjuti secara terpadu dengan fungsi i-NOC.

Baca juga :
Bangun Ekosistem Digital, Operator Seluler Harus Bergandeng Tangan
Teknologi Pendukung IoT Dijajal Pertama Kali di Indonesia
ROADS, jalan baru menjawab tren IoT