Indosat Ooredoo Gagas Solusi Smart City di Masa New Normal

Technologue.id, Jakarta – Indosat Ooredoo, melalui Indosat Ooredoo Business, menghadirkan solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data untuk mendukung pemerintah di masa New Normal.

Banyaknya isu dan permasalahan yang harus ditangani pemerintah membuat sektor teknologi ICT harus memainkan peran penting dalam kondisi normal baru ini.
Pasalnya saat pandemi, pemerintah pusat dan daerah melakukan sejumlah pembatasan terhadap kegiatan masyarakat, guna menekan penyebaran Covid-19. Namun di sisi lain pemerintah juga punya tugas untuk tetap memastikan ekonomi nasional tetap bergeliat.

Baca Juga:
Indosat Ooredoo Salurkan Bantuan Untuk Lawan Pandemi Covid-19

Salah satu parameter pemerintahan berjalan efektif adalah sistem pelaporan dari tingkat pemerintahan paling bawah yaitu kelurahan sampai ke tingkat kota. Untuk itu, infrastruktur ICT diperlukan untuk membantu pelaporan yang lebih cepat dan kolaboratif.

Dalam menawarkan solusi terbaru ini, Indosat bekerja sama dengan Qlue. Dengan begitu, keduanya memungkinkan pemerintah kota memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Antara lain kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, hingga penggunaan transportasi sesuai protokol kesehatan.

Selain memantau implementasi protokol kesehatan Covid-19, solusi Smart City ini juga dapat digunakan sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah kota.

Indosat juga bekerja bekerja sama dengan Alibaba dalam mengembangkan solusi Hybrid Cloud untuk berbagai sektor. Salah satunya adalah dalam hal layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur ICT yang bisa digunakan untuk mencapai suatu efisiensi dalam proses dan pengelolaan data.

Misalnya pemrosesan data secara terpusat yang akan mempermudah dalam analisa data. Selain itu, implementasi Artificial Intelligence (AI) juga dibutuhkan saat ini untuk mempercepat pengambilan keputusan.

Teknologi Big Data dapat digunakan pemerintah kota dalam pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah kota.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena mengatakan Indosat Ooredoo terus berusaha untuk saling bahu-membahu bersama dengan masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia dalam menghadapi situasi menantang di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Qlue dan Alibaba Cloud dalam menghadirkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud. Kami berkomitmen mendukung solusi yang memudahkan dan mendukung keberlangsungan pemerintahan,” kata Bayu, saat diskusi via online, Kamis (16/7/2020).

Ia berharap, solusi ini bisa membantu pelanggan pemerintahan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga:
Indosat Ooredoo Sabet Frost and Sullivan Indonesia Excellent Award 2020 untuk Customer Experience

Solusi Smart City memungkinkan pemerintah kota dan perusahaan melakukan penghematan pengeluaran biaya operasional dengan koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan secara digital dengan menggunakan apikasi.

Sementara Hybrid Cloud dapat menjadi solusi pemerintah kota untuk implementasi pusat data yang terintegrasi pada semua dinas atau instansi terkait infrastuktur IT yang fleksibel, efisien, dan cepat melalui Hybrid Cloud.

Dalam rangka bersiap memasuki adaptasi kebiasaan baru, pemerintah dan industri perlu beradaptasi dengan cepat dan kreatif serta berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Indosat pun menghadirkan sebuah platform bernama “Connex”. Platform ini menjadi ruang untuk saling berbagi pengetahuan serta perkembangan terkini seputar industri dan teknologi.

Berangkat dari “Convention” dan “Expert”, harapannya melalui platform Connex ini Indosat Ooredoo Business dapat semakin dekat dengan seluruh mitra dan pelanggan, serta mendukung inovasi baru. Salah satunya yaitu Webinar.

Recent Articles

Summoners War: Legacy, Komik Spin-Off dari RPG Mobile Populer

Technologue.id, Jakarta - Penerbit Summoners War, Com2uS dan Skybound/Image Comics, umumkan karya terbaru mereka Summoners War: Legacy, spin-off buku komik dari RPG...

Pangsa Pasar Apple dan Xiaomi Turun di Semester 1 2020

Technologue.id, Jakarta - Tingginya tensi antara dua negara besar, Amerika Serikat dan Tiongkok karena perang dagang, membuat smartphone Huawei justru lebih diminati...

Galaxy Note Series Makin Kencang, Makin Produktif

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy Note Series telah mengubah persepsi orang tentang kemampuan sebuah smartphone. Lewat seri terbaru Galaxy Note20 Series, Samsung...

Bocoran PUBG Mobile Season 15: Tanggal Rilis, Fitur, Outfit, dan Hal Baru Lainnya

Technologue.id, Jakarta - Developer PUBG Mobile sudah menyusun season 15 bahkan sebelum season 14 resmi berakhir, beberapa fitur baru disiapkan untuk masa...

Diguyur Investasi, Ayoconnect Bangun Open Bill Network Pertama di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan teknologi keuangan Indonesia Ayoconnect mengumumkan pendanaan Pra-Seri B senilai US$5 juta dari investor strategis global untuk membangun jaringan...

Related Stories