Indosat Ooredoo Mau Gelar 5G Pekan Ini?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Indosat Ooreodo mulai ramai diberitakan bakal mendampingi Telkomsel dalam menawarkan layanan 5G secara komersial.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang mengatakan, saat ini Indosat Ooredoo sedang melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G. Namun, Steve tidak mengungkapkan, sampai kapan Indosat Ooredoo menguji jaringan seluler generasi kelima tersebut.

Baca Juga:
Telkomsel Sah Gelar 5G, Nih Bocoran Tarifnya

“Saat ini, proses ULO 5G Indosat sedang berlangsung. Update selanjutnya, nanti saya sampaikan kembali ya,” kata Steve.

Beberapa waktu lalu, Steve mengungkapkan bahwa komersialisasi layanan 5G Indosat Ooredoo bisa saja dilakukan dalam waktu dekat. Khususnya pada bulan Juni. Untuk memuluskan upaya itu, Indosat terus menjalin komunikasi dengan Kemenkominfo perihal proses ULO untuk teknologi terbaru tersebut.

Berdasarkan pasal 82 Peraturan Menteri Kominfo No. 1/2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi disebutkan bahwa setiap terjadinya penambahan kapasitas dan perluasan lokasi atau realokasi yang mengalami perubahan teknologi perlu dilakukan ULO.

Perubahan teknologi ini termasuk perubahan standar teknologi yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU), perubahan penggunaan spektrum frekuensi radio, dan/atau perubahan penggunaan sistem dari analog ke digital.

Baca Juga:
Seberapa Kencang Kecepatan Internet 5G Telkomsel?

Penggelaran 5G termasuk ke dalam bentuk perubahan teknologi yang diamanatkan berdasarkan standardisasi ITU. Untuk bisa melakukan komersialisasi, penyelenggara telekomunikasi/operator seluler perlu melalui tahapan ULO untuk mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Sebelumnya, operator Telkomsel telah lulus dalam proses uji layak operasi untuk 5G di Kemenkominfo. Telkomsel pun menjadi pelopor penyedia jaringan 5G pertama di Indoenesia.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories