HomeDirectIndosat Ooredoo Umumkan Pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021 untuk Dorong Inovasi...

Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021 untuk Dorong Inovasi Pembayaran Digital

Technologue.id, Jakarta – Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, menggelar acara pengumuman pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021, sebuah program open innovation berbentuk kompetisi riset pengguna (user research) yang bertujuan memberdayakan talenta digital terbaik bangsa dalam menemukan ide dan solusi terbaik yang valid dan aplikatif untuk inovasi fitur e-wallet.

Merujuk data Bank Indonesia, nilai transaksi uang elektronik di Indonesia mencapai Rp 201 triliun (US$ 13,95 miliar) pada tahun 2020, tumbuh 38,62% dari Rp 145 triliun (US$ 10,07 miliar) pada tahun 2019. Bank Indonesia juga memperkirakan serapan transaksi digital akan terus berlanjut dengan pertumbuhan e-commerce dan e-payment masing-masing sebesar 33,2% dan 32,3% pada tahun 2021. Mendukung peningkatan transaksi digital di Indonesia tersebut, Indosat Ooredoo berinisiatif untuk membuka kesempatan bagi para talenta bangsa untuk berkontribusi dalam mencari solusi yang semakin memudahkan dan menyederhanakan proses transaksi digital untuk pengalaman pengguna e-wallet yang lebih baik.

Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in mengatakan, “E-Wallet User Research Challenge 2021 hadir dengan tujuan untuk mengasah kompetensi generasi muda dalam menciptakan solusi pembayaran digital yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas. Dalam program ini, peserta juga memiliki kesempatan untuk belajar dari para ahli pada masing-masing tahap, mulai dari ‘empathize’ dimana peserta dilatih untuk memahami perilaku, permasalahan, dan kebutuhan pengguna, ‘validation’ dimana peserta dilatih untuk menguji ide secara langsung terhadap pengguna, hingga ‘pitching’ dimana peserta dilatih untuk membuat model bisnis untuk dipresentasikan langsung kepada para juri. Kami berharap para peserta dan pemenang dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program ini dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas.”

E-Wallet User Research Challenge 2021 yang dibuka sejak Juli 2021 lalu telah mengumpulkan 235 ide inovasi dari 766 peserta dari seluruh tanah air. Ide-ide yang terpilih sebagai pemenang telah melalui sesi penjurian ketat dan dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti metode riset, keunikan atau kreativitas, solusi dan kontribusi yang ditawarkan, model bisnis, serta kemungkinan untuk diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Juri-juri yang terlibat antara lain Arief Musta’in, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo; Fahroni Arifin, SVP-Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo; Pridesta Yudha, SVP-Head of Business Innovation Indosat Ooredoo; Mira Kania Sabariah, Head of Software Engineering Undergraduate Program Telkom University; dan Seterhen Akbar Suriadinata, Founder & CEO Labtek Indie.

Di bawah ini adalah daftar para pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021 berdasarkan kategori:

Ide Terbaik
• Juara 1: Tim Berproses Bersama
• Juara 2: Tim Pennyworth
• Juara 3: Tim VYT

Ide Terfavorit
• Juara 1: Tim A2F Markethink
• Juara 2: Tim 3Musketeers
• Juara 3: Tim Achamad

Acara pengumuman pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021 yang digelar secara virtual tersebut turut dihadiri oleh Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, SVP-Head of Business Innovation Indosat Ooredoo, Pridesta Yudha, Founder & CEO Corporate Innovation Indonesia (CIAS), Indrawan Nugroho, dan Ex DesignOps Director Gojek, Borrys Hasian.

Indosat Ooredoo secara konsisten mendorong inovasi digital bagi kemajuan industri telekomunikasi Indonesia. Lewat kerja sama strategis dengan mitra lokal dan global, Indosat Ooredoo membawa pengalaman terbaik yang bisa diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelangan. Baru-baru ini, Indosat Ooredoo mengumumkan kerja sama strategis dengan Cisco untuk berkolaborasi dalam pengembangan solusi konektivitas next-generation di semua jenis bisnis. Kemitraan ini juga hadir seiring Indonesia menyambut lebih banyak peluncuran komersial layanan 5G di tanah air.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More