Indosat: Trafik SMS dan SMS H+7 Lebaran Turun

Menkominfo, Rudiantara, meninjau kesiapan jaringan Lebaran Indosat Ooredoo didampingi CEO Indosat, Alexander Rusli (source: Indosat Ooredoo)

Technologue.id, Jakarta – Ada fenomena menarik yang berhasil dicapai oleh Indosat Ooredoo di momen Lebaran tahun ini. Setelah dikomparasikan dengan dua operator ternama Tanah Air lainnya, yakni Telkomsel dan XL Axiata, kenaikan layanan data mereka terpantau paling tinggi, yakni hampir 40 persen. Di sisi lain, Telkomsel dan XL Axiata masing-masing menyebut cuma ada kenaikan 27 persen dan 15 persen.

Namun, “rekor” milik operator telco yang sudah berdiri sejak 1967 itu di sektor data tak selaras dengan penggunaan layanan suara dan SMS pelanggannya, terutama pasca Lebaran 2017.

Lewat rilis yang disampaikan ke Technologue.id (05/07/17), tren penggunaan layanan Voice dan SMS mengalami penurunan dibandingkan kondisi H+7 Idul Fitri tahun lalu. Trafik voice H+7 di musim libur Lebaran 2017 mengalami penurunan 27,63 persen. Sedangkan trafik SMS di periode yang sama merosot hingga 50,39 persen.

Fenomena ini diklaim dipengaruhi oleh tren penggunaan media sosial di tengah masyarakat. Sebab, layanan data Indosat justru mengalami peningkatan sebanyak 117,15 persen dibanding trafik data H+7 Idul Fitri 2016. Perbedaan makin kentara saat dibandingkan dengan penggunaan data harian regular non-Lebaran, yakni meningkat menjadi sekitar 3.154 Terabyte/hari atau naik 56,44 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Walau begitu, naik atau turun pun, Indosat mengaku sudah menyiagakan infrastruktur agar layanan data, voice, dan SMS mereka tetap maksimal.

“Untuk memastikan kapasitas jaringan yang baik, Indosat Ooredoo melakukan peningkatan layanan hingga menjadi 7.344 Terabyte/hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari. Sedangkan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari untuk pelanggan nasional Indosat Ooredoo yang berjumlah 95,6 juta di seluruh Indonesia,” papar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

 

Baca juga:

Operator Mana yang Traffic Datanya Terpadat Saat Lebaran?

Qatar Dimusuhi Arab Saudi Cs, Bisnis Indosat Ooredoo Terpengaruh?

Menkominfo Pantau Langsung Kesiapan Jaringan Indosat Ooredoo Jelang Lebaran