#IndosatLemot, Kritik Lain Netizen pada Operator Mapan Nasional

Ilustrasi Indosat Ooredoo (source: Indosat Ooredoo)

Technologue.id, Jakarta – Pasca hacker yang diyakini berasal dari Indonesia berhasil melumpuhkan situs resmi Telkomsel, perhatian netizen seperti tertuju pada sejumlah operator telekomunikasi yang beroperasi di Tanah Air. Hal tersebut lebih kurang dipengaruhi oleh protes yang turut dipublikasikan oleh peretas www.telkomsel.com.

Ya, sebelum dilakukan normalisasi oleh Telkomsel, si hacker menuntut agar operator yang dinakhodai oleh Ririek Adriansyah itu menurunkan harga langganan paket data internetnya. Kekesalan yang diungkap peretas tersebut juga disebabkan oleh pembagian kuota berdasarkan jaringan yang diterapkan Telkomsel.

Satu hal yang perlu dicatat, pembobol laman Telkomsel ini tidak mengeluhkan kecepatan layanan internet Telkomsel. Dari sini, bisa ditarik kesimpulan sederhana bahwa tidak ada masalah dari segi sinyal maupun stabilitas koneksi yang disuplai Telkomsel.

Sebaliknya, Jumat (28/04/17) malam, beberapa pengguna Twitter malah mengangkat tagar #IndosatLemot. Ketika hashtag itu diklik, banyak protes atas yang ditujukan pada Indosat Ooredoo itu terkait ketidakstabilan jaringan internetnya.

Pemilik akun @ReginaAutria mengaku signal bar di smartphone-nya tidak pernah optimal. Sementara @JaheeAnget mengunggah screenshot saat dirinya gagal bermain game online karena koneksi yang ia klaim berasal dari Indosat tidak prima.

Beberapa cuitan netizen soal #indosatlemot (source: Technologue.id)

Redaksi lantas meminta pihak Indosat agar mau merespons hal ini. Deva Rachman, saat dihubungi Technologue.id via instant messenger (29/04/17), pun menjelaskan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan data yang terjangkau dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.

“Selain itu, kami terus berupaya untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada pelanggan dalam pemakaian layanan data secara bijak. Hal ini kami lakukan melalui berbagai Program edukasi dan fitur layanan kami contohnya pelanggan dapat mengunduh aplikasi melalui http://bit.ly/myIM3 maupun memantau penggunaan data melalui *123#, MyIM3 dan SMS,” lanjut wanita yang mengemban tanggung jawab sebagai ‎Head of Corporate Communications Group of Indosat Ooredoo itu.

 

Baca juga:

XL dan Indosat Sindir Telkomsel, Tapi Mulut Netizen Lebih Pedas

Kuota Telkomsel Mahal, Lambe Turah Jarang Update?

Ubah Bisnis Model, Cipika Play Jualan Token Bisa di Agen Pulsa