Technologue.id, Jakarta – Sejak awal tahun 2020, kemunculan virus Corona masih menjadi momok bagi banyak penduduk dunia, terlebih Tiongkok yang merupakan salah satu negara terbesar yang menggerakkan perekonomian dunia. Setelah memakan banyak korban jiwa, diperkirakan virus tersebut pun bakal ‘menginfeksi’ sejumlah industri teknologi.

Mengutip dari TheVerge (18/02/20), salah satu lembaga riset analik tentang rantai pasok, TrendForce baru-baru ini merilis laporan tentang prediksi dampak virus Corona yang kemungkinan bakal menjalar ke industri manufaktur teknologi pada kuartal pertama tahun 2020 ini.

Menurut laporan TrendForce, ada beberapa sektor industri manufaktur teknologi yang terdampak Corona, seperti smartphone, konsol video game, laptop, smartwatch, dan speaker. Untuk produksi smartphone sendiri diperkirakan bakal menurun 10,4 persen dari tahun ke tahun untuk periode kuartal pertama tahun 2020.

Tabel perlambatan industri teknologi TrendForce (Sumber: TheVerge.com)
Tabel perlambatan industri teknologi TrendForce (Sumber: TheVerge.com)

Sementara di sisi lain, produksi konsol video game bakal terkena imbas lebih parah lagi. Hal ini akan membuat produksi PS4 dan Xbox One akan turun tajam. Meski begitu, TrendForce optimis akhir kuartal pertama 2020 ini Corona sudah bisa ditanggulangi sehingga produksi PS5 dan Xbox tidak akan terganggu.

Sementara untuk smartwatch, produksinya bakal menurun 16 persen pada kuartal ini dari proyeksi yang sudah dibuat sebelumnya. Namun hal itu kemungkinan akan membaik pada pertengahan tahun 2020 ini lantaran Apple diprediksi bakal merilis Apple Watch terbarunya.