Ingin Kuasai AI dan Komputasi Quantum, AS Gelontorkan Dana 14T

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui sejumlah kementriannya baru saja mengumumkan adanya pendanaan baru untuk melakukan riset multidisiplin ilmu di bidang Artificial Intelligence (AI) dan komputasi quantum.

Mengutip dari TheVerge (26/08/20), dari total 12 agensi yang berbeda, pemerintah AS berhasil mengumpulkan dana hingga USD 1 Triliun, atau sekitar dengan Rp 14,6 Triliun. Nantinya, dana tersebut akan disebar ke berbagai riset yang terkait dengan AI dan komputasi quantum, seperti machine learning dan mempercepat riset dari simulasi high-energy physics dengan sistem quantum.

Bukan tanpa alasan, melakukan investasi besar-besaran tersebut dilakukan lantaran adanya dorongan dari Gedung Putih untuk melakukan hal itu. Pasalnya, banyak penasihat kebijakan khawatir bahwa AS akan tertinggal dalam hal AI dan komputasi quantum dari pesaingnya, seperti Tiongkok. Dan hal tersebut juga sangat penting bagi AS untuk pembagunan ekonomi dan keamanan nasional mereka.

“Sangat penting bagi AS untuk terus memimpin dunia dalam AI dan quantum. Masa depan kemakmuran ekonomi Amerika dan keamanan nasional akan dibentuk oleh cara kami berinvestasi, penelitian, mengembangkan dan menerapkan teknologi mutakhir ini sekarang”, kata Chief Technology Officer AS Michael Kratsios.

Sejauh ini, perusahaan teknologi di AS seperti Google dan Microsoft sejatinya masih menjadi pemimpin dunia soal AI. Namun di sisi lain, pemerintah Tiongkok sudah mengumumkan sebuah rencana ambisius untuk menjadi pemimpin dibidang AI pada tahun 2030 mendatang.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories