Ingin liburan dengan roaming yang murah, ini kiatnya!

Technologue.id, Jakarta – Liburan belum sepenuhnya usai! Beberapa dari Anda pasti sudah merencankan perjalanan, baik itu di dalam maupun luar negeri pada musim libur pertengahan tahun ini. Nah, bagi Anda yang memilih berlibur ke luar negeri, biaya berkomunikasi tinggi dengan penggunaan roaming tentu bisa jadi penghambat ketika menikmati waktu indah Anda. Disaat koneksi internet sangat dibutuhkan untuk mencari tempat-tempat popular atau sekadar berbagi cerita keseruan liburan lewat berbagai sosial media di smartphone.

Buat yang merasa sudah siap berpelesir, berikut beberapa kiat bagaimana nantinya Anda dapat berselancar internet di luar negeri dengan biaya yang tidak membebani kantong, alias murah:

  1. Cari penawaran roaming

Pertama, sila periksa operatir seluler Anda. Hal ini dilakukan sebelum Anda berangkat ke Bandara. Ketika itu, pastikan provider yang Anda pakai memiliki penawaran paket roaming internasional yang nantinya dapat bantu menghemat pemakaian data smartphone.

Selanjutnya, ketika sampai pada tempat tujuan, gunakan waktu untuk membaca berbagai informasi yang masuk berupa pesan teks atau SMS kiriman dari operator seluler Anda dengan seksama. SMS tersebut biasanya berisi soal rincian biaya untuk layanan panggilan telepin, SMS, dan pemakaian paket data selama liburan.

  1. Turunkan penggunaan data lewat aplikasi browser

Semakin Anda membuka banyak laman pada situs internet, maka otomatis penggunaan data kian besar. Oleh karenanya, cara kedua untuk lebih dapat menghemat uang terutama ketika menelusuri internet lebih cepat di lokasi bersinyal lemah. Anda dapat menekan penggunaan data pada halaman web sebanyak 10 persen dari ukuran aslinya, dan fitur penghitung data dapat menunjukkan banyaknya megabit yang tersimpan, misalnya Opera Mini. Pilihan aplikasi browser satu ini juga punya fungsi saat berada di area dengan Wi-Fi lambat.

  1. Matikan pencurian data

Caranya, sila matikan notifikasi dan data yang berjalan di latar belakang. Sehingga aplikasi yang berjalan di latar belakang ini tidak banyak memakan data Anda. Salah satunya bisa bantu dengan menggunakan Opera Max yang berkemampuan dapat mengkompres data di ponsel Anda.

  1. Matikan sinkronisasi

Jika anda telah mengatur Dropbox, Facebook atau Google Drive untuk mengunggah foto-foto liburan dari ponsel Anda secara otomatis, matikan sinkronisasi ini di pengaturan untuk mengurangi penggunaan data. Atau Anda bisa menyesuaikan pengaturan di smartphone anda sehingga foto-foto liburan hanya akan terunggah jika terhubung dengan Wi-Fi.

  1. Kompres data di ponsel

Beberapa browser dikenal memiliki fitur bawaan yang otomatis dapat memperkecil penggunaan data untuk pengguna internet seluler dalam intensitas yang tinggi, seperti juga gambar dan video. Fungsinya untuk mengompres data situs sehingga dikirimkan bentuk data yang sudah diperkecil. Sementara Opera Max memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu yang menggunakan data seluler dan membatasinya dengan menggunakan Wi-Fi saja.

Semoga bermanfaat, dan selamat liburan! (PR)

 

BACA JUGA:

CARA NYALAKAN PENGHEMAT BATERAI PADA OPERA

TELKOMSEL AMANKAN LAYANAN DI KERAMAIAN ARUS BALIK

TIPS MENGETAHUI SECEPAT APA KONEKSI INTERNET ANDA

Recent Articles

The King of Fighters ALLSTAR Bawa 10 Karakter Baru dari Anime Gintama

Technologue.id, Jakarta - The King of Fighters ALLSTAR buatan Netmarble membawa para karakter dari serial manga dan anime populer Gintama ke event...

Mode 90 FPS PUBG Mobile Eksklusif Hadir di OnePlus

Technologue.id, Jakarta - OnePlus bekerja sama dengan PUBG Mobile untuk tawarkan pemilik OnePlus mode 90 FPS dalam game battle royale yang populer....

35 Tahun Jualan Laptop, Toshiba Putuskan Berhenti

Technologue.id, Jakarta - Toshiba akhirnya memutuskan untuk berhenti memproduksi seri laptop setelah 35 tahun menggeluti bisnis ini. Hal ini ditandai dengan dialihkannya...

Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

Technologue.id, Jakarta - Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh...

Musim Sepeda, Xiaomi Luncurkan Sepeda Listrik Berkecepatan 25km/jam

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya menghadirkan Qicyle R1 dengan harga selangit yakni Rp 44 jutaan, Xiaomi kini meluncurkan produk sepeda yang lebih...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here