Ini 6 Merek Smartphone Paling Laku Sepanjang 2017

Technologue.id, Jakarta – Tahun 2017 menjadi waktu yang sangat panas bagi pasar smartphone. Pasalnya, beberapa nama baru, seperti Google dengan Pixel mereka dan Nokia dengan jajaran smartphone mereka datang dan menantang para vendor yang telah beberapa tahun bersaing.

Namun sayangnya, kedua vendor tersebut masih kurang bisa bersaing dengan enam vendor besar lainnya. Pasalnya, Google dan Nokia masih belum sanggup masuk ke jajaran 6 vendor paling laku sepanjang 2017, menurut data yang didapatkan oleh TrendForce.

Baca juga:

Ternyata Samsung dan Google Biang Kerok Baterai Boros

Dalam laporannya, Samsung masih merajai pangsa pasar smartphone dunia sepanjang 2017 lalu. Pasalnya, perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut mampu meraih pangsa pasar global sebesar 21,9 persen.

Di posisi kedua terdapat saingan terbesar mereka, yakni Apple. Sayangnya, jarak pangsa pasar antara Apple dan Samsung di 2017 terpaut cukup jauh. Perusahaan asal Cupertino tersebut hanya berhasil meraih pangsa pasar sebesar 15,2 persen saja.

Baca juga:

Aduh! Karyawan Magang Apple Bocorkan “Rahasia Terbesar” iOS!

Kemudian, di posisi ketiga hingga keenam berhasil dikuasai oleh vendor asal Tiongkok, yakni Huawei, Oppo, Vivo, dan juga Xiaomi. Keempat vendor tersebut masing-masing berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 10,8 persen untuk Huawei, 7,6 persen untuk Oppo, 6,6 persen untuk Vivo, dan 6,4 persen untuk Xiaomi.

“Pada 2017, Oppo dan Vivo kembali menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam hal volume produksi, masing-masing sebesar 13 persen dan 17 persen,” ujar peneliti dari TrendForce, seperti dikutip dari laman Fortune.com (15/02/2018).

Baca juga:

Transformasi Digital Percepat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Selain itu, TrendForce juga sudah memperkirakan tren penjualan smartphone di 2018. Mereka mengatakan bahwa selama 2018 ini, pasar smartphone hanya akan meningkat sebesar 2,8 persen saja, turun dari estimasi sebelumnya yang mencapai 5 persen.

Sedangkan angka pengapalan smartphone Samsung diperkirakan akan menurun 5 persen menjadi 300 juta unit dengan pangsa pasar 20,3 persen. Di sisi lain, Apple akan menunjukka peningkatan penjualan dikarenakan mereka berencana untuk ekspansi ke India.

Recent Articles

Samsung Sebut Ponsel Berbahan Plastik Punya Sejumlah Keunggulan

Technologue.id, Jakarta - Ponsel dengan cover belakang berbahan kaca memang mempunyai daya tarik tersendiri. Tampilan ponsel menjadi lebih menawan sehingga menempatkannya pada...

Google Hadirkan Warna Baru untuk Pixel 5

Technologue.id, Jakarta - Google Pixel 5 dipastikan meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pada 30 September 2020. Seiring waktu peluncurannya yang semakin dekat,...

Google Maps Kini Bisa Pantau Daerah Sebaran Covid-19

Technologue.id, Jakarta - Fitur terbaru resmi digulirkan oleh peta digital Google Maps. Memungkinkan pengguna mengetahui sebaran Covid-19 mulai dari kota hingga sebuah...

Sebelum Dijiplak Vivo, Lagu “Dream Girl” Lebih Dulu Digunakan Apple

Technologue.id, Jakarta - Lagu "Dream Girl" besutan Anna of The North saat ini tengah ramai diperbincangkan. Lagu ini viral lantaran sang pencipta...

Free Fire Gandeng DJ KSHMR untuk Bikin Proyek Baru

Technologue.id, Jakarta - Free Fire luncurkan update BOOYAH Day, tapi bukan cuma itu berita baru dari game battle royale populer ini. Free...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here