Technologue.id, Jakarta – Menarik mengikuti dinamika masyarakat Indonesia di dunia maya, terlebih di bulan Ramadan. Selain ditemukan fakta kalau netizen lebih doyan belanja di pagi buta atau tepatnya saat sahur, pengeluaran belanja online mereka pun naik 67 persen.

Memangnya, apa sih barang yang paling diburu orang Indonesia mendekati Lebaran?

Dari analisis Flipit Indonesia, travel (30 persen), fashion (29 persen), dan perangkat elektronik (17 persen) merupakan kategori produk yang paling banyak mengalami peningkatan permintaan.

Kategori travel begitu populer karena netizen aktif membeli tiket mudik di jejaring sosial. Setidaknya menurut data dari Kompas yang dikutip Flipit dalam rilis persnya, 31,8 persen pemudik membeli tiket pulang kampungnya di internet sekitar 2 sampai 3 bulan sebelum Lebaran.

- Advertisement -

Namun seperti yang mungkin sudah Anda tebak, adalah permintaan akan baju muslim yang tampak naik secara signifikan, tepatnya 7 kali lipat daripada waktu biasanya.

Di samping melampiaskan hasrat untuk berbelanja, luar biasanya masyarakat Indonesia juga mulai gemar bersedekah via online. Kondisi ini direspons dengan baik oleh sejumlah platform, contohnya Kitabisa.com yang siap mewadahi zakat online dan Muslimarket.com yang memberikan kesempatan mulia untuk memberi sedekah sambil belanja online.

Share this