Ini Cara Baru untuk Lakukan Hal Baik di Era New Normal

Technologue.id, Jakarta – Setelah mengurangi pergerakan yang membuat masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah selama lebih dari satu semester, pandemi Covid-19 terbukti mengubah perilaku masyarakat; salah satunya adalah peralihan hampir segala jenis aktivitas ke sistem digital. Berdasarkan survei berjudul Indonesian consumer sentiment during the coronavirus crisis yang dirilis oleh McKinsey & Company, terdapat pertumbuhan pengguna yang baru menggunakan layanan berbasis digital di masa pandemi seperti dalam hal pembelajaran jarak jauh (76%), penerapan olahraga virtual (66%), penggunaan aplikasi kesehatan (60%), dan pemanfaatan telemedis untuk penyakit fisik (67%) serta untuk penyakit psikis (54%).

Dengan diterapkannya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemanfaatan teknologi merupakan solusi yang dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus meningkatkan proteksi diri tatkala beraktivitas. Ketika ada masyarakat yang cukup beruntung karena dapat beradaptasi dengan berbekal akses dan fasilitas yang memadai, ada pula sekelompok masyarakat yang mengalami kesulitan dengan segala keterbatasan di tengah pandemi. Oleh karena itu, selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi, pemanfaatan teknologi juga bisa digunakan untuk membantu sesama.

Menyadari hal tersebut, platform pembuatan video pendek global terkemuka Likee melakukan berbagai inisiatif untuk membantu sesama dalam menjalankan peranannya sebagai perusahaan yang peduli dan memiliki tanggung jawab sosial. Tidak hanya melakukan kegiatan untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, Likee juga memfasilitasi masyarakat yang ingin menyebarkan kebaikan kepada sesama dengan menghadirkan berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh pengguna.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Likee sebagai cara baru untuk melakukan kebaikan di era kenormalan baru:

  1. Perayaan Earth Hour dari rumah
    Sebagai salah satu gerakan peduli lingkungan terbesar di dunia, Earth Hour adalah momentum global di mana masyarakat di seluruh dunia mematikan lampu selama satu jam untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Dengan adanya pandemi Covid-19, Earth Hour yang merupakan inisiatif WWF tersebut tahun ini merekomendasikan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Earth Hour secara virtual.

    Menyadari bahwa Earth Hour merupakan gerakan positif yang perlu diimplementasikan terlebih di tengah pandemi, Likee menghadirkan challenge #Connect2EarthwithLikee untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melawan perubahan iklim serta menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Melalui challenge #Connect2EarthwithLikee, Likee mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Earth Hour 2020 yang diadakan pada tanggal 28 Maret lalu pukul 20:30-21:30 waktu setempat.
  2. Penyediaan telemedis gratis dan update terkini
    Likee meluncurkan kampanye Cloud Medical di bulan April lalu berkolaborasi dengan dokter dan perawat profesional di seluruh Indonesia, menghadirkan telemedis atau penggunaan telekomunikasi untuk edukasi dan konsultasi kesehatan gratis secara eksklusif di aplikasi Likee. Dengan adanya keterbatasan tenaga medis di rumah sakit, Likee menyediakan pilihan baru bagi para petugas kesehatan untuk tetap dapat memberikan edukasi dan konsultasi gratis kepada publik mengenai pencegahan Covid-19 secara virtual melalui Likee Live Health Clinic (Live Klinik) sebagai solusi yang efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Beroperasi setiap hari selama satu minggu penuh, Likee Live Klinik dibawakan oleh host dokter dan perawat profesional dengan format yang menghibur dan interaktif. Likee Live Klinik menyediakan berbagai kiat dan pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan yang baik dengan cara yang interaktif dan menyenangkan di mana petugas medis profesional dapat berdiskusi dengan para pengguna secara langsung, dan pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan dan menyampaikan kekhawatiran mereka.

    Selain kampanye Cloud Medical, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Likee untuk melawan penyebaran Covid-19 dengan membuka akun resmi BNPB di Likee. Mendukung upaya Likee dalam meminimalisir angka pertumbuhan penyebaran Covid-19, BNPB mengadakan sesi live rutin pada sore hari melalui akun resmi mereka untuk berbagi informasi dan update terkini terkait Covid-19 kepada para pengguna Likee.
  3. Pemberian dukungan kepada perawat dan ibu-ibu pembatik
    Likee melaksanakan ‘Kartini Day Live Show’, sebuah acara live pada aplikasi Likee bersama Hj. Lisda Hendrajoni, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Komisi VIII, sekaligus ketua tim penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan yang membahas bagaimana cara perempuan bisa mendapatkan penghasilan di masa PSBB. Acara yang berlangsung pada April lalu ini dikhususkan untuk membantu wanita-wanita, terutama para ibu rumah tangga agar dapat mandiri dengan memiliki penghasilan sendiri.

    “Pandemi Covid-19 tentu memengaruhi kehidupan dan mata pencaharian warga. Sebagai wanita yang mengurus keluarga, kita harus menjaga kesehatan demi keluarga dan tetap kreatif agar dapat bertahan di kondisi saat ini. Salah satu cara yang kami lakukan di sini adalah dengan mengarahkan para bundo kanduang atau ibu-ibu PKK kabupaten Pesisir Selatan yang biasanya membatik untuk membuat produk masker, serta menghimbau masyarakat untuk membeli produk tersebut. Hal tersebut dilakukan agar warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” kata Hj. Lisda Hendrajoni.

    Tidak hanya itu, Likee juga melangsungkan kegiatan #DoaUntukPahlawan yang bertujuan untuk mendoakan para pahlawan medis agar selalu terjaga dan mengajak pengguna untuk berkontribusi dengan tetap berada di rumah. Kegiatan #DoaUntukPahlawan ini memperkenalkan fitur terbaru Likee bernama ‘Health Hero’ di mana para pengguna dapat memakai dan mengganti kostum layaknya tim medis secara virtual dengan melakukan gerakan sesuai instruksi, memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam memberikan dukungan kepada tim medis sekaligus mengapresiasi masyarakat yang tetap konsisten berada di rumah.
  4. Pengumpulan dana melalui konser virtual
    Berkolaborasi dengan Grab, Likee menggelar konser amal secara virtual bertajuk “Likee Grab Charity Concert” pada Juli lalu secara live di aplikasi Likee. Dimeriahkan oleh penampilan berbagai penyanyi kenamaan Tanah Air seperti Aura Kasih, Vicky Shu, Tasya Rosmala, Clarice Cutie dan Nadia Zerlinda, konser virtual ini diadakan sebagai bentuk kepedulian bagi mitra driver Grab yang terdampak pandemi Covid-19 dalam bentuk bantuan dana pendidikan anak.

    Untuk membuatnya lebih bermakna, Likee melaksanakan gerakan positif dan melibatkan pengguna untuk berpartisipasi di dalamnya. Saat konser berlangsung, pengguna dapat berdonasi di mana dana yang terkumpul digunakan untuk membantu mitra driver Grab agar pengguna dapat tetap produktif sekaligus dapat membantu sesama di tengah pandemi.

    Selain konser, Likee juga mengadakan challenge #ThankYouHeroDriver di aplikasi Likee sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para mitra driver Grab. Challenge ini memungkinkan para konten kreator untuk menceritakan pengalaman berkesan mereka bersama para driver Grab dalam bentuk kreasi video pendek.

Memahami pentingnya dukungan terhadap sesama, Likee senantiasa melakukan inovasi, memperkenalkan fitur baru, dan menghadirkan kegiatan positif sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat tatkala menjalani kehidupan di era kenormalan baru, “Dengan mengeksplor kemampuan aplikasi kami, kami berharap Likee dapat menjadi platform yang memungkinkan masyarakat untuk tetap aktif dan bahkan dapat membantu sesama terlepas dari situasi pandemi yang belum pernah dialami sebelumnya. Sejalan dengan tagline Likee yaitu ‘Saatnya Kamu Bersinar’, Likee tidak hanya menjadi platform bagi pengguna untuk bersenang-senang dan mengasah kreativitas mereka, tetapi juga platform yang dapat menyebarkan kebaikan, salah satunya dengan membagikan video pendek bernada dukungan dan mengimbau orang-orang di sekitar mereka untuk melakukan hal yang sama,” ungkap Theon Hsu, Marketing Director of Likee Indonesia.

Likee senantiasa memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Hal ini yang membawa Likee mendapatkan peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee mendapatkan posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

Latest News

Update Terbaru Honkai Impact 3rd, Bakal Ada Rank Battlesuit Baru

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact yang kian populer saat ini, mungkin banyak yang lupa sama game action 3D miHoYo, Honkai Impact 3....

Resep Makanan Paling Berguna di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Game Genshin Impact kini semakin populer. Dalam game ini, ternyata ada fitur memasak untuk menambah stamina karakter.

Buntut Bayar Pajak, Harga Aplikasi di Apple App Store Naik

Technologue.id, Jakarta - Apple akan mulai menaikkan harga pembelian aplikasi di App Store dalam beberapa hari kedepan. Kenaikan akan terjadi di sejumlah...

Dell Luncurkan XPS 15 dan XPS 17, Layar Lebih Lapang

Technologue.id, Jakarta - Dell Technologies memperbarui varian laptop terbaik mereka, XPS 15 dan 17, di Indonesia. Kedua laptop ini hadir dengan kinerja...

Twitter Keok, Pengguna Tidak Bisa Log In Akun

Technologue.id, Jakarta - Layanan Twitter sempat down atau tidak bisa diakses oleh para pengguna di sejumlah negara termasuk Indonesia, pada Rabu (28/10)...

Related Stories