Ini Cara Google Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

Technologue.id, Jakarta – Di masa pandemi virus Covid-19 ini, banyak proses bisnis yang berubah termasuk dalam industri pendidikan. Para siswa maupun guru yang biasanya bertatap muka di kelas pun harus terbiasa dengan pembelajaran yang dilakukan secara online. Dan melihat hal tersebut, Google pun menyajikan sejumlah aplikasi yang digadang-gadang bisa mendukung proses pembelajaran jarak jauh.

Mengutip dari TheVerge (11/08/20), Google dikabarkan sudah menghadirkan beberapa fitur baru untuk pembelajaran virtual, salah satunya menyediakan update terbaru untuk aplikasi Google Meet dan sebuah alat yang mampu membantu para siswa untuk mengirimkan tuggas hanya dengan mengirimkan foto dari smartphone.

Baca Juga:
Dukung PJJ, Gredu Rilis Dua Fitur Unggulan Baru

Pada Google Meet versi terbaru, partisipan yang bisa ditampilkan dalam satu layar bisa mencapai 49 orang. Sementara sebelumnya, hanya bisa menampung 16 partisipan dalam waktu yang bersamaan. Dan tak cuma itu, Google juga berencana untuk menggabungkan sejumlah layanan Google dengan produk Jamboard.

Tak cuma itu, pada Oktober 2020 mendatang, Google juga berencana untuk menghadirkan platform pembelajaran virtual yang terintegrasi dengan G Suite Enterprise for Education. Dengan begitu, pengguna bisa memecah grup diskusi menjadi lebih kecil lagi pada aplikasi Google Meet.

Baca Juga:
Pandemi Belum Reda, Ribuan Guru Pilih Layanan Baru Quipper Untuk Maksimalkan Tahun Ajaran Baru

Fitur lainnya yang juga disematkan pada Google Meet adalah memungkinkan pada guru atau tenaga pengajar untuk memantau kehadiran dari pada siswanya ketika sesi pengajaran online berlangsung.