Technologue.id, Jakarta – Redaksi meyakini, setiap pengguna internet pada dasarnya memiliki browser favoritnya sendiri. Sebab, tiap browser memiliki keunggulannya masing-masing, misalnya Chrome yang relatif ringan, Firefox dengan kestabilan performa, atau Opera dengan VPN bawaannya.

Chrome dikenal dengan kemudahannya dalam melakukan auto-fill data ketika Anda dihadapkan dengan kolom-kolom pengisian identitas dengan isi yang relatif berulang-ulang, seperti nama lengkap, alamat email, hingga nomor kartu kredit. Namun, auto-fill juga bisa berbahaya, misalnya ketika laptop atau PC Anda digunakan orang lain yang sebenarnya tidak tahu nomor kartu kredit Anda tetapi Chrome telah menyediakannya secara otomatis.

Kebetulan, jika Anda suka menggunakan peramban karya Google itu, ada satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi data Anda di dalam peramban tersebut. Caranya yaitu dengan membuat suatu profil dengan proteksi password.

Penasaran ingin memaksimalkan fitur ini? Simak caranya berikut:

1. Pertama-tama, Anda perlu membuat supervised user, fitur pengontrol bagi orangtua untuk memantau aktivitas buah hatinya secara online. Untuk mengaktifkannya, buka pengaturan setting Chrome, lalu scroll ke bawah sampai menemukan People. Klik ‘Add Person’ dan buatlah profil baru di sana.

2. Kemudian, pastikan opsi ‘Control and view the websites this person visits’ telah dicentang. Kalau opsi itu belum muncul, login-lah terlebih dahulu ke akun Google Anda.