Technologue.id, Jakarta – Apple sudah resmi merilis macOS Catalina dan mulai mendistribusikannya ke berbagai perangkat yang mendukung sistem operasi tersebut di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lalu perangkat apa saja yang mendukung sistem operasi macOS Catalina?

Berdasarkan website resmi Apple, setidaknya ada 7 jenis perangkat yang bisa mencicipi macOS Catalina, mulai dari lini produk laptop hingga desktop PC, di antaranya adalah:

– MacBook (tahun 2015 atau lebih baru)
– MacBook Air (tahun 2012 atau lebih baru)
– MacBook Pro (tahun 2012 atau lebih baru)
– Mac Mini (tahun 2012 atau lebih baru)
– iMac (tahun 2012 atau lebih baru)
– iMac Pro (tahun 2017 atau lebih baru)
– Mac Pro (tahun 2013 atau lebih baru)

Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, pada macOS Catalina Apple justru menghilangkan iTunes sebagai sebuah media player multifungsi. Sebagai gantinya, mereka menghadirkan aplikasi terpisah seperti Apple Music, Podcasts, dan Apple TV. Sementara untuk melakukan sinkronisasi dengan iPhone dan iPad, pengguna bisa langsung menggunakan Finder.

Tak cuma itu, bagi pengguna iPad, sistem operasi macOS Catalina juga mampu menghubungkan aplikasi, data, dan lain-lain yang tampil pada iPad dengan MacBook ataupun iMac, fitur tersebut dinamakan Project Catalyst.

Fitur baru lainnya adalah hadirnya Sidecar. Fitur ini memungkinkan pengguna MacBook ataupun iMac untuk memanfaatkan iPad sebagai secondary display, baik secara wireless maupun melalui kabel. Sidecar sendiri mendukung penggunaan Apple Pencil sehingga pengguna bisa mencorat-coret layar pada saat membuka aplikasi editor teks maupun editor gambar.