HomeGadgetIni Dia Astro, Robot Pintar Buatan Amazon yang Bisa Jaga Rumah

Ini Dia Astro, Robot Pintar Buatan Amazon yang Bisa Jaga Rumah

Technologue.id, Jakarta – Amazon perkenalkan sejumlah produk baru pada sebuah acara yang digelarnya. Salah satunya adalah Astro, robot mungil beroda yang tampak mirip dengan tokoh Wall-E di film Pixar.

Astro dirancang untuk jadi robot pintar yang bisa awasi keadaan rumah dengan kamera. Agar lebih bersahabat dengan pengguna, Astro diklaim punya ‘persona’ unik, lewat atribut seperti sepasang ‘mata’ di layar dan berbagai suara.

Baca Juga:
Elon Musk Mau Buat Robot Humanoid Canggih, Bisa Lakukan Tugas Berbahaya

Untuk awasi keadaan di rumah, Astro dilengkapi kamera periskop (1080p, bidang pandang 132 derajat) yang ada di punggungnya. Ketinggian kamera ini bisa diatur.

Pengguna pun bisa arahkan robot ini untuk lihat keadaan rumah dari jauh, misalnya memeriksa kompor.

Menurut Amazon, di aplikasi pendampingnya nanti juga bakal ada perintah-perintah untuk periksa ruangan di rumah, anggota keluarga, hewan peliharaan, atau benda-benda lainnya.

Saat Anda sedang tidak di rumah, Ia akan berpatroli, menyelidiki aktivitas, serta mengirimkan notifikasi ke Anda apabila ada sesuatu yang tidak biasa.“ Jelas Amazon. Selain itu, pengguna juga bisa rekam video dari kamera Astro.

Bagian mata Astro sendiri adalah layar sentuh 10 inci (1.280 x 720 piksel) yang juga dilengkapi kamera 5 MP pada bingkainya.

Baca Juga:
Xiaomi Ciptakan Robot Anjing Bernama Cyberdog

Amazon pun paparkan beberapa skenario lain untuk penggunaan Astro. Misalnya, Astro bisa dipakai untuk lakukan video call sambil berjalan keliling rumah. Saat pengguna hubungi seseorang di rumah, Astro juga bisa mencarinya untuk terima panggilan.

Untuk saat ini, Astro cuma bisa dipesan secara invite-only dengan daftar di situs Amazon. Harganya dipatok sekitar US$ 1.000 (Rp14,3 juta). Namun saat rilis resminya nanti, harganya bakal naik jadi US$1.450 (Rp20,8 juta).

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More