Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ini Dia Deretan Password yang Dapat Ditebak Hacker
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pakar Kaspersky menganalisis ketahanan 193 juta kata sandi yang disusupi oleh infostealers dan tersedia di darknet. Berdasarkan hasil penelitian, 45% dari seluruh kata sandi yang diolah, atau sekitar 87 juta, ternyata dapat ditebak oleh penipu dalam satu menit.

Sebagian besar kata sandi yang diperiksa (57%) berisi kata dari kamus, sehingga mengurangi kekuatan kata sandi. Selain itu, para ahli Kaspersky telah mengungkapkan kombinasi karakter mana yang paling sering digunakan saat membuat kata sandi. Di antara rangkaian kosakata paling populer, beberapa kelompok dapat dibedakan diantaranya:

Nama: "ahmed", "nguyen", "kumar", "kevin", "daniel".
Kata-kata populer: "forever", "love", "google", "hacker", "gamer".
Kata sandi standar: "password", "qwerty12345", "admin", "12345", "team".

Baca Juga:
Waspada Teknik Phishing Canggih Bisa Terobos Otentikasi Dua Faktor

Analisis menunjukkan bahwa hanya 19% dari seluruh kata sandi berisi tanda-tanda kombinasi yang kuat – kata non-kamus, huruf kecil dan besar, serta angka dan simbol. Pada saat yang sama, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 39% dari kata sandi tersebut juga dapat ditebak menggunakan algoritma cerdas dalam waktu kurang dari satu jam.

"Secara tidak sadar, manusia membuat kata sandi yang sangat 'manusia', yang berarti ini berisikan kata-kata dari kamus dalam bahasa aslinya, seperti menampilkan nama dan nomor. dll. Bahkan kombinasi yang tampaknya kuat sekalipun jarang benar-benar acak, sehingga dapat ditebak dengan algoritma," ujar Yuliya Novikova, Head of Digital Footprint Intelligence di Kaspersky.

Baca Juga:
Studi Baru Kaspersky Ungkap Eksperimen Kejahatan Dunia Maya AI di Dark Web

Telemetri Kaspersky menunjukkan lebih dari 32 juta upaya serangan diluncurkan melalui pencuri kata sandi di tahun 2023 saja. Angka-angka ini menunjukkan pentingnya kebersihan digital dan kebijakan kata sandi yang tepat.

"Oleh karena itu, solusi paling tepat adalah membuat kata sandi yang benar-benar acak menggunakan pengelola kata sandi yang modern dan andal," kata Novikova.

SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat