GadgetIni Dia Laptop 'Portless' Pertama, Tipis dan Tanpa Lubang

Ini Dia Laptop ‘Portless’ Pertama, Tipis dan Tanpa Lubang

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan bernama Craob belum lama ini mengiklankan sebuah laptop baru bernama Craob X di situs web mereka. Laptop ini mereka klaim sebagai laptop pertama di dunia yang tidak memiliki port sama sekali atau portless.

Belum bisa dipastikan apakah gambar di situs webnya dirender atau apakah itu benar-benar foto asli, karena jika foto tersebut nyata dan produknya memang ada bukan render dari sebuah konsep, maka itu adalah sesuatu yang cukup luar biasa.

Baca Juga:
Chromebook Bakal Bikin Laptop Gaming?

Dilansir dari MyLaptopGuide (1/2/2022), Menurut spesifikasi di situs web, laptop ini hanya memiliki berat di bawah 1kg, dan juga memiliki ukuran yang luar biasa tipis, hanya sekitar 7mm.

Laptop Craob X menggunakan layar berukuran 13,3 inci dengan resolusi 4K UHD+. Layar tersebut memiliki bezel yang tipis dan terdapat sebuah punch hole (lubang) di sisi tengah atas layar untuk kamera webcam.

Sementara itu, otak laptop ini diisi oleh prosesor terbaru Core generasi ke-12 bikinan Intel. Dalam situsnya, laptop Craob X disebutkan bakal dibekali prosesor Intel Core i7-1280P Generasi ke-12.

Untuk soal memori dan penyimpanan, laptop Craob X  dibekali RAM LPDDR5 hingga 32 GB dan storage SSD PCIe 4.0 hingga 2 TB. Untuk internet, laptop portless ini dibekali teknologi Wi-Fi 6E.

Yang menjadi pertanyaan adalah, jika tidak ada port bagaimana orang menghubungkannya dan mengisi daya laptop tersebut?. Sepertinya, beberapa periferal seperti keyboard dan mouse eksternal dapat terhubung melalui Bluetooth, tetapi laptop ini kemungkinan juga akan dilengkapi dengan pengisi daya yang berfungsi sebagai hub.

Baca Juga:
Microsoft Siapkan Windows 11 SE untuk Jegal Chromebook

Pengisi daya ini menempel secara magnetis ke bagian “tutup” laptop dan akan dilengkapi dengan sejumlah port, yang mungkin dapat mengirimkan data melalui interface magnetik ke laptop.

Craob X benar-benar memiliki desain yang sangat unik dan juga menarik, tetapi sekali lagi masih belum dapat dipastikan apakah ini sebuah konsep atau produk yang sah.

Perusahaan memang menyatakan di situs webnya bahwa laptop itu akan “coming soon”, berarti kemungkinan besar, laptop super tipis tersebut memang benar-benar akan dirilis ke pasaran.

Related articles