Technologue.id, Jakarta – Western Digital dan Micron meluncurkan sebuah kartu microSD, yang bisa membuat smartphone memiliki kapasitas penyimpanan lega.

Western Digital melalui brand SanDisk dan Micron menyuguhkan sebuah kartu microSD berkapasitas 1TB. Inilah kartu microSD berkapasitas terbesar untuk saat ini.

Kedua kartu itu memiliki spesifikasi yang sama. Keduanya meluncur dalam ajang MWC 2019 dengan kecepatan transfer data rating UHS-I microSDXC.

Baca Juga:
Nano Memory Buatan Huawei Akan Gantikan microSD?

SanDisk melaporkan, kartu microSD mereka akan memiliki kecepatan membaca maksimal 160MB/s, sedangkan Micron hanya mencapai 100MB/s. Sedangkan untuk kecepatan menulis, Micron mengklaim kartu tersebut dapat berjalan di angka hingga 95MB/s, sedangkan untuk SanDisk hanya 90MB/s.

Namun demikian, kartu Micron c200 1TB microSDXC UHS-I adalah kartu microSD pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi NAND 96-layer 3D quad-level cell (QLC) advanced. Konsumen bisa menyimpan segudang file besar seperti video, gambar, dan game 4K di smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Salah satu smartphone yang kompatibel dengan microSD 1TB ini adalah Samsung Galaxy S10 Plus.

“Kartu microSD c200 1TB baru memberi konsumen kebebasan untuk capture, share, menyimpan dan menikmati lebih banyak konten sambil mendukung gaya hidup mobile-centric mereka,” kata Aravind Ramamoorthy, senior director NAND solutions Micron Embedded Business Unit.

Baca Juga:
Samsung Siapkan Memori Internal 1 TB Untuk Galaxy S10+

Soal harga, SanDisk Extreme UHS-I kapasitas 1TB akan dijual US$ 450 atau Rp6,3 juta dan akan meluncur ke pasaran pada April mendatang.

Sedangkan Micron belum menyebut harga kartu c200 1TB microSDXC UHS-I, yang akan hadir pada kuartal kedua tahun ini.