Technologue.id, Jakarta – 2 miliar pengguna Facebook tentulah amat beragam. Begitu juga kepentingan mereka untuk memanfaatkan platform bikinan Mark Zuckerberg itu, mulai dari sekadar bercanda hingga bertukar pikiran dan berdiskusi secara serius.

Nah, umumnya interaksi teks di Facebook dan jejaring sosial lain dibarengi dengan penggunaan emoji. Salah satu manfaatnya, agar user bisa lebih bebas dan tepat dalam mengekspresikan emosi mereka tanpa perlu melihat raut muka atau gestur tubuh. Jadi, lawan bicara bisa memahami lebih baik, apakah ujaran Anda bernada candaan atau mengandung kesedihan sekalipun.

Dari pengakuan pihak Facebook pada Technologue.id (18/07/17), kini lebih dari 60 juta emoji digunakan para penggunanya dalam sehari. Sementara di Messenger lebih banyak, yakni menampung 5 miliar emoji setiap harinya.

Lalu, di Indonesia sendiri, apa emoji yang paling sering dipakai? Menurut Facebook, selama 30 hari terakhir, emoji terpopuler di Tanah Air adalah emoji tertawa terbahak-bahak (Rolling on the Floor Laughing). Sedangkan di Messenger adalah emoji tertawa (Laugh).

Emoji terpopuler di Facebook dan Messenger di sejumlah negara (source: Facebook)

Hal yang sama tak jauh berbeda dengan penggunaan emoji secara global di Facebook dan Messenger. Karena di keduanya, emoji yang tersering dipakai dalam kurun waktu sebulan terakhir adalah Face With Tears of Joy. Bisa dibilang, lingkungan virtual Facebook sebenarnya masih dihiasi dengan tawa dan kebahagiaan, tak melulu ujaran kebencian dan semacamnya.

Sekadar informasi, bulan ini, tepatnya di tanggal 17 Juli kemarin, dunia merayakan Hari Emoji Sedunia. Sudah mulai dirayakan sejak 2014, di tahun ketiganya World Emoji Day kian meriah karena sebentar lagi, film layar lebar tentang emoji pertama segera tayang di bioskop. Namanya The Emoji Movie.

Ngomong-ngomong, Anda sendiri suka memakai emoji apa saat berinteraksi secara virtual dengan orang lain?

 

Baca juga:

Ternyata, #WorldEmojiDay Atau Hari Emoji Sedunia Sarat “Konspirasi” Apple!

Tahun Ini, Anda Bisa Melihat, Mengirim, dan Menerima ‘T-Rex’!

Video Call Via Facebook Messenger Kini Bisa Pakai Filter dan Topeng!