Technologue.id, Jakarta – Samsung telah meresmikan Galaxy S9 Senin dini hari (26/02/2018) waktu Indonesia. Gawai tersebut punya segudang penawaran untuk calon konsumennya, sedari dual aperture f/1.5 dan f/2.4 yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan foto dengan kondisi terang saat memotret di tempat gelap hingga fitur super slow motion dan emoji AR.

Hal lain yang kerap jadi sorotan user sebelum membeli smartphone adalah performa jeroannya. Nah kebetulan, GSMArena.com (25/02/2018) telah merilis sejumlah hasil pengujian Galaxy S9 di beberapa benchmark.

Baca juga:

Galaxy S9 dan S9+ Resmi Meluncur di Barcelona

Secara garis besar, Galaxy S9 berhasil mengungguli ponsel-ponsel Android top di pasaran saat ini di benchmark yang digunakan, mulai dari AnTuTu 7, GFX 3.1, dan GeekBench 4.1. Handset yang dikalahkan Galaxy S9 di pengujian-pengujian ini antara lain: LG V30, Huawei Mate 10 Pro, dan saudara-saudara kandung Galaxy S9 sendiri seperti Galaxy S8 dan Galaxy S7 Edge.

Ini Hasil Benchmark Samsung Galaxy S9, Awas Ngiler!
Hasil benchmark Samsung Galaxy S9 (source: GSMArena.com)

Baca juga:

Galaxy S9 dan S9+ Resmi Meluncur di Barcelona

Perlu diketahui, chipset yang tertanam di Galaxy S9 yang diujikan adalah Exynos 9810. SoC termutakhir Samsung itu memiliki CPU Octa-Core dengan empat 3rd gen Mongoose core yang di-clock di kecepatan 2.8GHz serta empat Cortex-A55 dalam kecepatan 1.7GHz. GPU-nya sendiri adalah Mali-G72.

Secara teori, Exynos 9810 sebenarnya sudah mendukung video recording 4K dalam 120fps, tetapi Samsung memilih untuk men-disable fitur ini. Alhasil, fitur ini sedikit tidak imbang bagi ponsel pemakai Snapdragon 845 yang “hanya” bisa merekam 4K dalam 60 frame per detik.

Baca juga:

Galaxy S9 dan S9+ Resmi Meluncur di Barcelona

Dua tahun terakhir, vendor asal Korea Selatan tersebut selalu membawa flagship seri S ke Indonesia dengan jeroan Exynos. Maka dari itu, gambaran benchmark di atas redaksi nilai cukup untuk dijadikan gambaran buat Anda sebelum memutuskan membawa pulang Galaxy S9 nanti jika sudah resmi di sini. Adapun Galaxy S9 berotak Snapdragon 845 hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan China.