Technologue.id, Jakarta – Mencoba memanfaatkan investasi Twitter yang digelontorkan bulan ini sambil beradu fitur dengan Spotify, Soundcloud menghadirkan fitur baru di platform-nya.

Dalam blog resminya (24/6/16), fitur itu dinamai Suggested Tracks. Gunanya untuk menganalisis aktivitas pengguna Soundcloud untuk kemudian merekomendasikan lagu dan musisi yang mungkin cocok dengan pengguna dan belum mereka dengar atau kenal sebelumnya.

Tentu saja, Suggested Tracks bakal ‘makin cerdas’ dalam menyesuaikan referensi musik Anda ketika Anda rajin menggunakan Soundcloud. Serahkan saja pada algoritma Soundcloud yang akan memilah-milih 125 juta track dalam kumpulan musik yang dimilikinya untuk disarankan pada Anda, baik via web maupun aplikasi mobile.

Anda benar, secara kasat, fitur ini mirip dengan Discover Weekly milik Spotify.

Sebelumnya, Soundcloud mendapat suntikan dari Twitter yang nominalnya diduga mencapai Rp 933 juta. Bekal uang ini akan digunakan Soundcloud untuk terus berinovasi agar mampu memberikan experience yang lebih baik daripada Spotify hingga Apple Music.