Technologue.id, Jakarta – XL Axiata telah melewati 2016 dengan capaian yang memuaskan. Operator yang merupakan bagian dari Axiata Group itu mencatat laba yang cukup besar, yakni Rp 376 miliar. Jumlah itu jelas jauh lebih baik ketimbng performa mereka tahun 2015 yang rugi Rp 25 miliar.

Untuk tahun ini, XL berkomitmen untuk melanjutkan bisnis 3R-nya (Revamp, Rise Up, Reinvent) sekaligus mencari peluang baru. Salah satu tekad terpentingnya, perusahaan yang telah beroperasi sejak 1996 itu siap mengajak lebih banyak masyarakat Tanah Air untuk terkoneksi ke dunia maya.

“Secara umum, kami akan terus berfokus pada penyediaan layanan data yang berkualitas. Untuk itu, dari sisi jaringan, kami akan secara agresif melanjutkan perluasan jaringan internet cepat, baik dengan 3G, maupun 4G dan juga 4,5G, ke wilayah yang lebih luas hingga ke daerah pelosok di luar Jawa,” papar Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

“Dengan begitu, pada 2017 ini nanti akan semakin banyak wilayah di Indonesia yang terlayani dengan internet cepat dari XL Axiata,” janji wanita yang juga menjabat sebagai CEO XL itu pada Technologue.id lewat pernyataan tertulis (07/02/17).

- Advertisement -

Informasi terakhir yang dihimpun redaksi, ada hampir 100 kota di Indonesia yang sudah bisa menikmati jaringan 4G. Beberapa di antaranya, seperti Jabodetabek, Bandung, kota-kota di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar, bahkan sudah tersedia jaringan LTE 4.5G dengan teknologi yang lebih baik.

Tak tanggung-tanggung, untuk merealisasikan target tersebut, tahun ini XL telah menganggarkan pengeluaran hingga Rp 7 triliun untuk memperkuat kualitas jaringan mereka.

Strategi ini diambil karena XL telah mengendus konsumen data tak hanya datang dari daerah perkotaan. Permintaan layanan data juga meningkat dari pelanggan yang bermukim di pelosok. Tren masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi digital inilah salah satu yang dipahami oleh XL dan coba disasar.

 

Baca juga:

XL Ajak Tara Basro Edukasi Pelanggan

Puaskan Pelanggan, XL Genjot Kualitas Layanan Data

Masyarakat Makin Rajin Internetan, XL Axiata Ketiban Durian Runtuh