Technologue.id, Jakarta – Sebagai perusahaan yang memproduksi dan menjual hardware dan software komputasi, International Business Machines  alias IBM termasuk pemain besar di Indonesia.

Secara umur, kompetitor Microsoft ini amat berpengalaman. Bagaimana tidak, sudah berdiri sejak 16 Juni 1911, IBM jelas jauh lebih matang di industri teknologi secara umur ketimbang Microsoft yang baru lahir 64 tahun setelahnya. Jadi jangan heran ketika mengetahui kalau bisnis IBM telah menggurita di pelbagai negara, termasuk Indonesia.

2017 ini menandai kiprah PT IBM Indonesia ke-80 di Tanah Air. Sebagai perusahaan teknologi yang dituntut untuk selalu inovatif dan rajin bertransformasi, sudah banyak hal yang mereka lalui di sini, mulai dari berpartisipasi dalam proses pemugaran Candi Borobudur, membantu pendataan ribuan korban Tsunami Aceh tahun 2004, hingga berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi untuk menghasilkan 460 startup baru dan menyediakan layanan berbasis cloud untuk korporat.

Beragamnya kontribusi IBM untuk bangsa ini lebih kurang turut dipicu dengan salah satu momen paling bersejarah, yakni ketika karya bikinan IBM diadopsi untuk pertama kalinya di Indonesia. Ya, PT Kereta Api Indonesia adalah perusahaan pertama yang menggunakan komputer IBM di Tanah Air dalam bentuk Punch Card Data Processing. Hingga pada akhirnya, kini IBM sudah punya berbagai mitra, termasuk Garuda Indonesia.

“80 tahun merupakan periode yang cukup panjang dan kami telah mendampingi berbagai momen penting dalam teknologi negeri. Kami berkomitmen untuk terus bertransformasi dan berinovasi untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi. Semoga di tahun selanjutnya, kami semakin mampu mendampingi, memberikan solusi, serta berkontribusi bagi kemajuan Indonesia,” harap Gunawan Susanto, Presiden Direktur, IBM Indonesia, pada Technologue.id melalui pernyataan tertulis (26/07/17).

 

Baca juga:

Apple, Microsoft, dan Perusahaan Teknologi Lain Dukung Transgender

Ideabox Danai Ratusan Juta Untuk Kembangkan Tiga Startup Lokal

Layanan Cloud dan Office Jadi Pemasukan Utama Microsoft