Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ini Prediksi Teknologi di 2021
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - 2020 menjadi tahun yang sama sekali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hampir seluruh sektor dipaksa beralih ke digital agar bisa bertahan dari gempuran.

Mengekor dari situ, di tahun 2021 ini akan ada delapan teknologi yang semakin penting perannya. Hal ini diungkap oleh Paul Chen selaku Head of Solutions Architect ASEAN Amazon Web Services.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (1/2/2021), ia mengatakan bahwa teknologi pertama yang akan semakin pesat pertumbuhannya adalah cloud computing atau komputasi awan.

Baca Juga:

Tren Ancaman Dunia Maya Yang Harus Diwaspadai Asia Tenggara Tahun 2021


Pengadopsian Cloud akan semakin meluas menurutnya. Paul menyebut aplikasi berbasis cloud semakin banyak ditemukan, bahkan untuk kegunaan yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya.

Selain itu, ledakan penggunaan data juga akan semakin besar. Saat ini saja jumlah data yang dihasilkan dalam waktu satu jam melebihi jumlah data di sepanjang tahun 2020. Dalam tiga tahun kedepan, jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan dengan data yang dihasilkan selama 30 tahun silam.

Selanjutnya, Paul mengatakan bahwa gambar, video, dan suara akan lebih bersuara dibanding tulisan. Selama ini banyak orang yamg mengandalkan teks untuk berkomunikasi, namun sekarang Keyboard akan mulai digantikan dengan medium lain seperti gambar, video, maupun suara.

Baca Juga:

Ragam Fitur Baru Gojek di Awal 2021, Ada GoCorp


Prediksi berikutnya adalah perusahaan-perusahaan atau perkantoran akan menggunakan teknologi analitika data. Kemudian penerapan pembelajaran jarak jauh juga akan semakin meningkat. Paul menyebut tahun ini akan menjadi tahun pembuktian bagi pendidikan online sebagai fasilitator kegiatan belajar-mengajar jarak jauh.

Dan yang terakhir adalah tumbuhnya Quantum computing. Quantum computing dahulu hanya dapat diakses oleh lembaga riset atau perusahaan terkemuka dengan sumber daya sangat mumpuni yang dapat mengaksesnya.

Di tahun 2021 ini teknologi tersebut akan mulai melebarkan sayapnya. Meskipun quantum computing sendiri saat ini memang masih berada pada tahap sangat awal.

SHARE:

WhatsApp Kembangkan Fitur In-app Dialer Tanpa Simpan Nomor HP

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus untuk Perkuat Lini PC