Ini Sistem Operasi Microsoft yang Paling Banyak Terkena WannaCrypt

Technologue.id, Jakarta – Puncak wabah ransomware WannaCrypt sudah usai. Oleh karenanya, ada sejumlah produsen antivirus yang sudah merilis data mengenai profil komputer yang terkena jenis ransomware tersebut.

Mengutip dari NextPowerUp (21/05/17), Kaspersky baru saja melaporkan bahwa ada sejumlah sistem operasi yang paling banyak terkena WannaCrypt saat wabah itu disebarkan di seluruh dunia beberapa waktu lalu.

Menurut catatan Kaspersky, di antara banyaknya sistem operasi buatan Microsoft, Wannacrypt bisa dikatakan cukup berhasil menjebol sistem keamanan pada Windows 7.

Bukan tanpa alasan, dari hasil riset tersebut, terlihat bahwa dari seluruh komputer di seluruh dunia yang terkena wabah tersebut, hampir 98 persennya adalah pengguna Windows 7 dan 60 persen di antaranya adalah versi 64 bit.

Setelah Windows 7, posisi kedua dan ketiga terbanyak dihuni oleh pengguna Windows Server 2008 R2 dan Windows 10. Ini artinya kedua sistem operasi tersebut porsinya tak lebih dari 2 persen.

Sementara sistem operasi buatan Microsoft yang paling sedikit terkena WannaCrypt adalah Windows Xp. Selain dikarenakan hadirnya patch khusus dari Microsoft untuk menangkal ransomware tersebut, jumlah pengguna Windows Xp sendiri sudah sangat sedikit.

 

Baca juga:

Modus Operandi Ransomware WannaCry Sebenarnya Tidak Baru

Korea Utara Dicurigai Ada Hubungannya dengan Serangan WannaCry

Hadang WannaCrypt, Microsoft Rilis Update untuk Windows XP

loading...