Technologue.id, Jakarta – Seletah desain layar poni, kini giliran tren kamera pop-up yang melanjutkannya. Semakin banyak vendor smartphone yang mengadopsi desain pop-up untuk kamera depan. Tak terkecuali bagi sub-brand Huawei, Honor.

Mengutip dari TheVerge (23/07/19), Huawei dikabarkan baru saja memperkenalkan smartphone pertamanya yang mengusung kamera selfie berbasis pop-up, yakni Honor 9X dan 9X Pro. Hal itu membuat keduanya memiliki layar penuh tanpa poni.

Soal spesifikasi hardwarenya, Honor 9X dan 9X Pro menggunakan Kirin 810 yang merupakan chipset dengan fabrikasi 7 nm kedua setelah sebelumnya sempat digunakan pada Nova 5 Pro. Sementara untuk kapasitas memori internal dan RAM-nya, Honor 9X akan memiliki varian 64/4 GB dan 128/8 GB untuk Honor 9X Pro.

Hal lain yang membedakan Honor 9X dan 9X Pro adalah penggunaan kamera belakang. 9X Pro memiliki tiga buah kamera yang salah satunya berfungsi sebagai sensor ultra-wide. Sementara pada varian 9X, kamera belakangnya hanya dua buah sehingga tak memiliki sensor ultra-wide.

Rencananya, Honor 9X dan 9X Pro pertama kali akan dilepas di Tiongkok pada 30 Juli 2019 mendatang dengan harga jual masing-masing mulai dari US$203 dan US$320. Sayangnya, belum jelas apakah keduanya juga akan menyambangi tanah air atau tidak.