Ini Spek Minimum PC Agar Kompatibel dengan VR Headset Microsoft

Ilustrasi virtual reality (source: TheVerge)

Technologue.id, Jakarta – Tahun depan, Microsoft telah bertekad untuk mendukung pengalaman virtual reality ke semua PC ber-OS Windows 10 sebagai bagian dari Creators Update. Raksasa software itu juga bakal merilis VR headset khusus Windows 10 dengan banderol paling murah Rp 4 jutaan.

Kebetulan, TheVerge (21/11/16) telah mencoba beberapa PC dengan beragam spesifikasi untuk dipasangkan dengan perangkat tersebut. Ternyata, minimum spesifikasi PC Windows 10 atau kemampuan yang di-request VR Headset Microsoft cukup standar, yakni RAM 4GB, port USB 3.0, kartu grafis dengan DirectX 12, serta prosesor 4-core termasuk dual-core prosesor dengan hyperthreading.

Minimum spesifikasi PC Windows 10 untuk VR headset Microsoft (source: TheVerge)
Minimum spesifikasi PC Windows 10 untuk VR headset Microsoft (source: TheVerge)

Kabar ini tentu begitu melegakan, karena virtual reality yang disiapkan Microsoft tidak (atau belum) membutuhkan PC berspesifikasi tinggi. Untuk saat ini, kemungkinan besar penggunanya pun bisa meluas. Namun patut ditunggu, seperti apa aplikasi atau game yang sudah disediakan Microsoft untuk spesifikasi ‘sestandar’ itu.

Ada yang tak sabar menanti VR Headset Microsoft? Kabarnya perangkat itu akan dipresentasikan lebih dalam di event Microsoft di bulan Desember mendatang.

 

Baca juga:

Microsoft Azure, Mengolah Data Jadi Lebih Mudah dan Aman

Microsoft dan Intel Ajak Pengguna Miliki PC Berbasis Windows 10

Donald Trump Jadi Presiden, Ini Komentar CEO Microsoft