Technologue.id, Jakarta – Semakin sedikitnya produsen smartphone yang mengadopsi sistem operasi Windows Phone membuat pangsa pasar sistem operasi mobile tersebut pun terus merosot, terlebih Microsoft kini tak lagi rajin untuk memproduksi smartphone.

Baru-baru ini, sebuah lembaga riset ternama, IDC merilis data riset tentang pangsa pasar sistem operasi mobile secara global selama kuartal pertama 2017 yang meliputi Android, iOS, dan Windows Phone.

Mengutip dari GSMArena (18/07/17), berdasarkan data yang dirilis tersebut, terlihat kalau pengguna platform Windows Phone saat ini tinggal segelintir saja di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan Android dan iOS, pangsa pasar Windows Phone kini tinggal 0,1 persen.

Menurut catatan IDC, pangsa pasar Windows Phone terus menerus tergerus oleh Android dan iOS. Pasalnya, pada kuartal pertama 2016 porsinya masih 0,8 persen. Sementara pada kuartal keempat 2016, jumlahnya terus menurun hingga 0,2 persen.

Di sisi lain, jumlah pengguna perangkat Android justru semakin menjamur. Berdasarkan data IDC, hingga kuartal pertama tahun 2017, pangsa pasarnya sudah mencapai 85 persen.

Sementara untuk iOS, pangsa pasarnya mencapai 14,7 persen. Angka tersebut terjadi penurunan dari 18,2 persen pada kuartal keempat tahun 2016 lalu.

 

Baca juga:

Microsoft Cabut Dukungan pada Windows Phone 8.1

Microsoft Pecat 3.000 Karyawannya Secara Global

Microsoft Bikin Perangkat Premium Berbasis Windows 10 Mobile?