Instagram di Android Bisa Digunakan Secara Offline

Ilustrasi Instagram (source: Pexels.com)

Technologue.id, Jakarta – Pada konferensi developer tahunan Facebook di San Jose, Instagram turut mengumumkan fitur terbarunya. Fitur yang baru dihadirkan ke platform Android tersebut memungkinkan pengguna Instagram untuk tetap dapat membuka aplikasi itu saat tidak adanya jaringan internet.

Dilansir dari GSMArena (20/4/2017), feeds pada UI utama Instagram ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi tersebut adalah halaman yang bisa diakses secara offline. Sedangkan, sistem offline pada Snapgram atau Instagram Stories masih diketahui.

Dari penjelasan Hendri selaku Enginees Instagram, saat Anda menggunakan Instagram secara offline, maka feeds yang sebelumnya telah terunduh bisa dilihat kembali, tergantung dari jumlah feed yang telah Anda lihat saat masih terhubung ke internet. Selain itu, Anda pun dapat meninggalkan komentar pada feed tersebut, memberikan like, menyimpannya, atau bahkan melakukan unfollow pada daftar akun yang dimiliki.

Ketika Anda kembali online atau terhubung ke internet, maka aktifitas yang dilakukan ketika luring akan ditindak lanjuti pada background. Profil yang sebelumnya Anda kunjungi pun bisa dilihat ketika offline, dengan menambahkan jumlah cache yang harus ditanggung oleh perangkat.

Pengembangan terhadap sistem offline tentu akan mempermudah pengguna Instagram yang berada di wilayah jaringan internet yang tidak stabil. Tebakan yang ada dalam pikiran kami adalah Instagram mengeluarkan versi Lite-nya, sama halnya seperti aplikasi Facebook.

Sayang, harapan tersebut mungkin masih lama untuk diwujudkan. Karena seperti yang diketahui, Instagram adalah aplikasi yang sangat rakus dalam memakan data.

 

Baca juga:

Jumlah Pengguna Instagram Stories Capai 200 Juta

Mau Upload Foto Seksi di Instagram? Ah, Percuma!

Instagram Tembus 1 Juta Pengiklan Aktif